Travel

4 Jajanan Tradisional yang Wajib Dicoba saat Liburan Akhir Pekan di Bogor

Bagi traveler yang sedang liburan ke Bogor bisa mencoba jajanan tradisional ini. Beberapa jajanan tradisional khas Bogor ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, Dan maski digempur makanan modern, tapijajanan tradisional khas Bogor ini masih banyak dicari pecinta kuliner.

Berikut adalahjajanan tradisionaldi Bogor yang wajib kamu coba saat liburan akhir pekan. Jajanan tradisional yang manis legit ini lekat dengan panganan khas Kota Bogor. Penjajagemblongmasih banyak ditemui di kawasan Stasiun Bogor dan kawasan Puncak.

Gemblong merupakan jajanan pasar berbahan dasar ketan putih yang memiliki cita rasa manis. Rasa manis tersebut didapat dari ketan putih yang dikepal berbentuk lonjong, lalu dibaluti gula merah hingga berwarna kecokelatan. "Gemblong biasanya dibeli sama orang tua tua aja.

Anak mudanya lebih milih cari oleh oleh atau jajanan yang modern," kata salah seorang pedaganggemblongdi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Stasiun Bogor, Ujang. Satu di antarajajanan tradisionalini adalah kuliner khas Bogor yang keberadaannya masih bisa ditemui di kawasan Jalan Suryakencana, Kota Bogor. Adalah cungkring, panganan berbahan dasar bibir dan otot kaki sapi.

Satu porsinya hanya Rp 16 ribu saja, sudah mendapat beberapa potongcungkringdan lontong yang disiram bumbu kacang. Atau jika hanya ingin membeli per tusuknya, hanya perlu merogoh kocek Rp 5 ribu saja. Selain jenis panganannya yang tradisional, surabi juga masih dibuat dengan cara tradisional pula.

Demi mempertahankan rasa, surabi masih dibuat dengan menggunakan belanga kecil di atas tungku api. Namun, mengikuti perkembangan zaman, kini surabi disajikan secara lebih modern. Kini, penyajian jajanan khasJawa Barattersebut menggunakan ragam topping kekinian yang membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

Seperti di Kedai Soerabi Duren, Jalan Sudirman, Bogor Tengah, Kota Bogor, yang menyajikan aneka topping pada surabinya, seperti kacang, cokelat, keju, durian, oreo, telur, hingga oncom. "Kalau di sini paling favorit surabi durian keju," kata pedagang Kedai Soerabi Duren, Ujang. Kuliner rujak di Indonesia sangat beragam dari berbagai belahan daerah.

DiJawa Barat, adarujak beubeuk, merupakan buah buahan segar yang ditumbuk tumbuk. Seperti namanya, proses pembuatan kuliner satu ini bukan diulek melainkan dibebek atau ditumbuk dengan menggunakan lesung atau alu kecil. Buah buahan muda yang masih segar ditumbuk dengan bumbu dari gula merah, cabai rawit, garam, terasi, dan air asam.

Bukan hanya proses pembuatannya, wadahrujak beubeukjuga tak kalah unik. Sebagian besar penjualnya masih menggunakan pincuk daun pisang berukuran mungil sebagai wadah dan sendok. Namun beberapa orang yang menjual jajanan ini sudah dalam bungkus plastik.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close