Travel

7 Alasan yang Buat Melon di Jepang Harganya Sangat Mahal hingga Ratusan Juta

Jepang dikenalsebagai negarayang mana harga buah buahannya sangat mahal. Satu di antara harga buah mahal di Jepang adalah melon. Meskipunharga melon di Jepang mahal, penduduk Jepang tetap sukai mengkonsumsi melon.

Mereka rela menghabiskan banyak uang untuk membeli buah melon. Lalu, kenapa harga melon di Jepang mahal? Ada beberapa alasan kenapa harga melon di Jepang mahal sekali.

Melansir dari berbagai sumber, simak beragam alasan di balik mahalnya harga buah melon yang ada di Jepang. Berbeda dengan Indonesia, buah melon dianggap sebagai satu barang mewah, sehingga sering dijadikan hadiah oleh para bangsawan. Hal ini sudah terjadi di Jepang turun temurun sejak abad ke 14.

Pada zaman itu, para samurai akan memberikan jeruk keprok atau melon kepada pemimpin mereka (shogun) sebagai tanda kesetiaan dan penghargaan. Budaya terus akhirnya turun hingga saat ini dan menyebabkan melon menjadi salah satu buah yang dibanderol dengan harga yang fantastis. Selain itu, buah melon yang biasanya memiliki harga yang mahal memang buah yang mendapatkan perlakukan istimewa dari para petani.

Biasanya para petani menyeleksi buah melon terbaik dan kemudian merawatnya dengan sangat baik. Bahkan mereka juga memberikan "pijatan melon" untuk memastikan bahwa buah melon tersebut memiliki tingkat manis yang paling baik. Karena membutuhkan waktu dan tenaga lebih, sehingga buah melon pilihan di Jepang ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Buah melon di Jepang juga memiliki beragam varian dengan harga yang berbeda beda juga. Beragam buah melon yang dikembangkan di Jepang seperti melon andes, melon crown, melon prince, melon yubari, melon otome, dan banyak melon lainnya. Salah satu jenis buah melon yang paling dikenal adalah jenis melon crown, melon jenis ini biasa di dijual di toko toko buah yang mewah, dan dipajang secara khusus.

Melon crown hanya dibudidayakan di wilayah perfektur Shizuoka di Jepang tengah. Satu buah melon ini harganya bisa mencapai 2,8 juta rupiah. Tidak seperti melon melon pada umumnya yang lebih terjangkau, buah melon crown mendapatkan perhatian dan perawatan khusus di kebun.

Melon crown Jepang punya beberapa tingkatan kualitas, teman teman, yaitu fuji, yama, shiro, dan yuki. Melon yuki adalah melon yang memiliki kerusakan kecil, sementara tiga kelompok melon lainnya dibagi berdasar kandungan gula di dalamnya serta bentuknya yang sempurna. Sedangkan melon yang memiliki kualitas terbaik adalah melon crown jenis fuji, ada sektiar 0,1 persen dari total hasil panen melon crown.

Meski satu tanaman melon bisa menghasilkan beberapa buah, petani melon crown jepang memastikan hanya satu buah terbaik untuk dipanen. Saat merawat melon melon tersebut, petani melon di Jepang ini menyayangi melon melon ini layaknya anaknya sendiri dengan penuh kasih sayang. Sehingga melon melon ini meskipun mempunyai harga yang mahal mempunyai kisah kisah tersendiri dalam merawat melon tersebut.

Waktu pemeliharaan dengan proses yang cukup lama inilah yang menjadi salah satu alasan buah melon bisa dijual dengan harga mahal. Tidak hanya rasa dan kualitas, harga melon juga ditentukan dengan penampilannya. Sehingga para petani melon ini sangat hati hati merawat melon tersebut, saat buah melon mulai membesar mereka menutup buah tersebut dengan kertas pembungkus.

Hal ini karena semakin cantik pola dan bentuk permukaan buah melon, semakin mahal juga harganya. Pola jaring kulit melon ini dipengaruhi oleh perubahan cuaca tiba tiba, sehingga petani mengendalikannya dengan menuangkan air langsung ke setiap buah melon.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close