Travel

7 Tempat Wisata di Gunungkidul yang Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Rekomendasi tujuh tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Gunungkidul, Yogyakarta untuk liburan akhir pekan. Kawasan Gunungkidul mempunyai beragam tempat wisata yang bisa kamu datangi mulai dari taman bunga, air terjun hingga pantai pantainya yang indah. Jika kamu berencana menghabiskan akhir pekanmu dengan pergi ke Gunungkidul, simak rekomendasi tujuh tempat wisata yang yang bisa kamu sambangi.

Bila kamu ingin mengunjungi taman wisata, kamu bisa mendatangi Taman Bunga Telaga Malingan yang terletak di Desa Mulo, Wonosari, Gunungkidul. Di sini kamu akan disuguhkan kedangan keindahan warna warni dari varian bunga yang berbeda beda di lahan seluas setengah hektar. Varian bunganya pun meliputi bunga cosmos, anyelir, kertas hingga bunga celosia.

Green Village Gedangsari terletak di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Gendangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Di sini kamu akan dimanjakan dengan lanskap hamparan pegunungan dengan pepohonan hijau yang menjadi batas antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain itu, pada sisi selatan tempat ini terlihat Embung Batara Srinten yang tak kalah menakjubkan.

Dan bila cuaca sedang cerah, maka kamu bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Tarif masuk Green Village Gedangsari adalah Rp 5.000 untuk jasa kebersihan dan perawatan obyek wisata, Rp 2.800 untuk tanda masuk obyek wisata dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dan Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor. Air Terjun Sri Gethuk terletak Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, sekitar 1,5 jam dari Kota Jogja.

Di sini kamu bisa dimanjakan dengan merasakan air terjun yang menjadi oase di padang gersang dengan aliran air yang bermuara di Sungai Oya. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan pun sangat menakjubkan, dengan suasana asri yang menyenangkan kamu bisa berlama lama di sini. Dan bila kamu ingin menguji adrenalinmu, kamu bisa mencoba melompat dari atas bukit ke sungai yang sering dijadikan tempat untuk berenang.

Destinasi selanjutnya di Gunungkidul untuk liburan akhir pekan adalah Pantai Kesirat dengan keindahan yang menyejukkan hati para wisatawan. Pantai ini menawarkan keindahan tebing karang yang dipadukan dengan birunya lautan ditambah dengan suasana pantai yang masih alami layaknya surga yang masih tersembunyi. Di sini juga ada camping area yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda bila ingin berkemah di Pantai kesirat.

Pantai Wohkudu terletak di Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Keunikan pantai ini adalah diapit oleh dua tebing dan perbukitan yang cukup tinggi namun tetap memberikan kesan tenang bagi mereka yang mngunjunginya. Selain itu, karena letaknya di antara himpitan dua bukit karang, Pantai Wohkudu menjadi pantai yang cocok untuk menikmati momen sunrise dan sunset.

Di Pantai Wohkudu kamu bisa melakukan beragam aktivitas mulai dari memancing, camping atau hanya sekadar untuk bersantai sejenak. Pantai Sedahan yang terletak di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul punya pesona yang kalah indahnya dengan Pantai Wohkudu dan Pantai Kesirat. Pantai Sedahan mempunyai garis pantai yang cukup panjang dan luas dan terdapat tebing karang yang mengapit pantai ini sehingga terlihat lebih menjorok ke laut.

Selain itu, konon katanya Pantai Sedahan menjadi tempat untuk bertelur para penyu. Di sini kamu bisa bermain main atau pergi memancing. Di sekitar pantai Sedahan terdapat beberapa pantai yang tak kalah indah mulai dari Pantai SInden, Pantai Grewang, pantai Ngusalan dan Pantai Jungwok.

Dan destinasi yang terakhir adalah Pantai Jungwok yang menwarkan pesona yang masih asri seperti berada di surga yang tersembunyi. Bila kamu ingin menuju ke Pantai Jungwok, kamu harus melakukan trekking kurang lebih selama 30 menit melintasi persawahan dan kebun penduduk. Namun ketika sampai di Pantai Jungwok, kamu akan dimanjakan dengan panorama pantai dengan pasir putih dan birunya lautan membayar tuntas rasa lelahmu.

Selain itu, pantai ini sering menjadi destinasi wisata yang nyaman terutama untuk berkemah.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close