Kesehatan

Belum Ingin Mengolah Daging, Berapa Lama Boleh Menyimpannya di Kulkas Agar Tetap Sehat Dikonsumsi?

Menjelang Idul Adha, banyak ibu rumah tangga menyiapkan menu daging, baik dari daging kambing maupun daging sapi. Tetapi biasanya daging daging itu tidak langsung diolah. Apalagi kalau yang diperoleh adalah daging kurban. Banyak orang akan menyimpannya di dalam kulkas atau lemari es untuk konsumsi beberapa hari ke depan.

Lalu, apakah menyimpan daging mentah di dalam kulkas akan membuatnya bertahan lama? Berapa lama kita seharusnya menyimpan daging mentah dalam kulkas? Jika kita ingin menyimpan makanan mentah seperti daging sapi atau kambing agar bertahan lama, lemari es memang pilihan yang tepat. Melansir dari Food Safety, lemari es bisa memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

Tapi syaratnya kita menyimpannya dalam lemari es dengan suhu 4 derajat celcius atau lebih rendah lagi. Meski begitu, perlu diingat bahwa suhu dingin ini hanya memperlambat pertumbuhan bakteri, bukan mematikan dan mengawetkan daging lebih lama. Oleh karena itu, daging mentah bisa saja rusak dan tidak layak makan jika terlalu lama disimpan di lemari es.

Kita bisa menyimpan daging mentah seperti sapi dan kambing di dalam kulkas maksimal selama 3 hingga 5 hari. Setelah batas waktu itu, Kita sebaiknya tidak mengonsumsinya. Tetapi dilansir dari Healthline, kita juga bisa menyimpan daging sapi dan kambing mentah lebih lama lagi, asalkan menyimpannya dengan cara dibekukan di dalam freezer. Menurut FDA,kita bisa menyimpan beberapa potong daging mentah yang sudah dibekukan di dalam freezer selama 4 hingga 12 bulan.

Begitu pula dengan daging sapi giling yang dibekukan, kita bisa menyimpannya hingga 3 bulan. Walau begitu, FDA menyarankan agar kita menyimpan daging mentah maksimal 2 hingga 3 minggu saja. Semakin cepat dikonsumsi semakin baik. Hal itu supaya kualitas daging yang akan dikonsumsi masih terjaga sehat. (GridHEALTH.id )

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close