Kesehatan

Cek Adakah Titik yang Seperti Tahi Lalat Berwarna Merah di Kulit? Awas Tanda Tumor Jinak

Angioma, tumor jinak pembuluh darah yang seperti tahi lalat berwarna merah. Ini yang perlu kalian ketahui. Jika kalian menemukan titik berwarna merah di kulit yang mirip seperti tahi lalat, maka tak perlu khawatir. Melansir dari laman brightside.me, itu adalah angioma.

Angioma adalah tumor kecil jinak yang terdiri dari pembuluh darah. Ada 2 alasan utama kenapa seseorang memiliki angioma. Banyak orang mendapatkan angioma pada usia 30 atau lebih.

Dalam hal ini terlihat seperti mol ceri cembung kecil dan terutama terletak di tubuh, lengan, dan bahu. Angioma semacam itu disebabkan oleh perubahan usia sederhana pada kulit dan pembuluh darah. Jika angioma terlihat seperti bercak dan mulai bercabang pembuluh darah.

Itu mungkin mengindikasikan masalah dengan hati, penyakit pembuluh darah, atau kegagalan hormonal. Apa yang harus kalian lakukan jika memiliki angioma? Tak jarang orang yang memiliki angioma pada kulita badan mereka.

Pada umumnya tak ada yang buru buru membawanya ke dokter kulit untuk berkonsultasi serius. Kecuali jika angioma terletak pada bagian yang mengaggu penampilan. Jika tiba tiba kalian melihat bahwa tahi lalat merah mengubah ukuran, bentuk, atau telah mulai berdarah.

Maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin. Bagaimana agar angioma tidak muncul? Pencegahan terbaik adalah gaya hidup sehat dan diet seimbang.

Minumlah jus dan banyak air, makan sayuran segar, dan jangan lupakan lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun. Aturan sederhana ini akan membantumu menjaga kulit tetap bersih dan muda, dan tubuh sehat. Gejala kanker kulit yang harus kamu ketahui mulai dari mengenali tahi lalat, kulit bersisik, hingga luka pada kulit.

Memperhatikan tubuh kita merupakan hal yang penting. Dengan memperhatikan tubuh dan kondisi, kita bisa lebih awas dan sadar apabila ada hal yang tidak beres dengan tubuh kita. Seperti pada kanker kulit, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui dan perhatikan.

Ada 5 gejala awal yang bisa kamu amati untuk menanggulangi penyakit kanker kulit agar tidak terlambat penangannya. Jika tahi lalat tiba tiba terasa sakit, gatal, dan perih, mungkin ini menandakan sesuatu yang tidak beres. Segeralah periksa ke dokter untuk konsultasi.

Jika tiba tiba muncul bintik atau titik di kulit, konsultasilah ke dokter. Sebenarnya bercak di kulit masih tergolong normal jika muncul jika kita masih berumur 30 tahun ke bawah. Jika sudah berusia 30 tahun ke atas, harap lebih waspada dengan munculnya bercak atau noda di kulit.

Perhatikan juga, apakah bentuk, ukuran, dan warnanya berubah atau tidak. Kadang kulit bersisik juga bisa menandai gejala penyakit kanker kulit. Awal mula kanker kulit bisa menyebabkan kulit tampak bersisik karena adanya actinic keratoses.

Jika tak ditangani, ini bisa berubah jadi lebih jahat. Untuk mencegah kanker kulit, selalu pakai krim yang mengandung SPF. Lindungi diri dengan memakai kacamata hitam dan juga topi.

Selain memperhatikan tahi lalat, kamu juga perlu memperhatikan benjolan yang tiba tiba muncul. Mungkin saja ini pertanda gejala kanker kulit. Jika ada benjolan bewarna merah muda di area yang sering terpapar matahari, segera konsultasilah pada dokter.

Luka yang muncul di kulit dan tidak sembuh setelah 2 minggu perlu mendapat perhatian khusus. Segera hubungi tim medis untuk berkonsulasi.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close