Kesehatan

Flu Akibat Virus Corona Lebih Berat & Disertai Gejala Lainnya

Wabah novel corona virus masih mengkhawatirkan karena jumlah korbannya yang terus bertambah dengan angka kematian telah mencapai 813 orang. Virus baru yang pertama kali mewabah di kota Wuhan, China itu menunjukkan gejala seperti penyakit pneumonia, yakni ganggyan pada saluran pernapasan. Beberapa gejala yang terjadi diantaranya seperti demam, batuk, flu hingga sesak napas.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, dr. Achmad Yurianto menyebutkan gejala gejal tersebut lebih berat jika sudah terjangkit virus corona. Misalnya kalau gejala awalnya flu bisa berlangsung hingga seminggu yang disertai dengan gejala lainnya yang melemahkan tubuh. “Bedanya flu biasa dan flu karena novel corona virus itu gejalanya makin berat. Dalam seminggu bisa langsung panas tinggi hingga kesulitan bernafas,” kata dr. Yuri di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (10/2/2020).

Gejala gejala tersebut tentunya dikhawatirkan novel coronavirus jika terjadi setelah ada contact dengan yang positif novel corona virus atau habis bepergian dari tempat tempat yang terjadi wabahvirus corona. Sementara itu melihat dari kasus kematian karena virus corona di China, ada penyakit pengikut dan banyak terjadi pada usia lanjut. “Rata rata kematian banyak di usia 60 sampai 75 tahun yang semuanya ada penyakit pengikutnya” ucap dr. Yuri

Sudah ada sekitar 6.000 orang yang dinyatakan sembuh dari novel corona virus dari total 37.289 orang yang positif virus bernama 2019 nCoV. Novel corona virus merebak pertama kali pada Desember tahun lalu itu, ditemukan di kota Wuhan, provinsi Hubei, China Tengah dan kini telah menyebar di lebih dari 20 negara. Novel corona virus merupakan virus baru yang belum ada obat dan vaksinnya sehingga cara paling ampuh mengatasimya adalah menjaga imunitas tubuh sehingga bisa melawan virus tersebut.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close