Internasional

Hari Pertama Deklarasi Darurat di Jepang Ternyata Sekolah Masih Beroperasi

Hari pertama Deklarasi Darurat Jepang yang telah diumumkan PM Jepang Shinzo Abe dan Gubernur Tokyo Yuriko Koike kemarin (7/4/2020) tampaknya masih kurang didengar masyarakat Jepang khususnya pihak sekolah. Seorang ibu yang membawa anaknya ke TKK tersebut mengakui tidak ada libur di sekolah tersebut hari ini. Padahal dengan tegas baik PM Jepang maupun Gubernur Tokyo kemarin menekankan agar semua sekolah termasuk TKK dan kursus apa pun sangat diharapkan libur mulai hari ini sampai dengan 6 Mei 2020.

Sementara itu sekolah menengah prefektur Hyogo menjelaskan kepada siswa cara menghabiskan liburan sekolah sampai tanggal 6 bulan depan. SMA Negeri Hyogo di Nagata ku, Kota Kobe, sebelumnya merencanakan upacara pembukaan yang dijadwalkan diadakan di auditorium. Namun dibatalkan, dan kepala sekolah meminta siswa untuk mencegah infeksi selama penutupan sekolah dengan merumahkan diri masing masing. Komunikasi saling menyapa dapat dilakukan lewat internet.

Guru wali kelas menjelaskan bagaimana menghabiskan waktu selama liburan sekolah sampai bulan depan, seperti mengukur suhu tubuh setiap pagi dan melaporkan ke sekolah dengan smartphone, serta penggunaan aplikasi internet. Selain itu juga tetap membuat jadwal serta mengerjakan pembelajaran. Kelas lain ditutup demikian pula kegiatan klub sekolah tidak dilakukan, dan siswa meninggalkan sekolah setelah acara briefing dilakukan Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah Kiyonori Masukawa dari SMA Hyogo mengatakan, “Saya khawatir tentang mengamankan waktu belajar dan menurunnya kekuatan fisik. Meskipun demikian kami semua ingin bekerja sama sesuai himbauan pemerintah Jepang." Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close