Pendidikan

Ini 4 Amalan Agar Panen Pahala Selamat Datang Bulan Rajab 1441 H Hari Ini Selasa 25 Februari 2020

Selamat Datang Bulan Rajab 1441 H Hari Ini Selasa 25 Februari 2020, Ini 4 Amalan Agar Panen Pahala Sesuai keyakinan umat Muslim,Rajabbukanlah bulan biasa, karena termasuk bulan haram (suci). Untuk dapat meraih pahala di sisi Allah SWT, ada sejumlah amalan mulia yang dapat dilakukan seorang muslim di bulanRajab.

Umat muslim dianjurkan untuk banyak memohon ampun atas dosa dosanya di bulanRajab. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore. Barang siapa yang membaca ini dan meninggal, maka ia masuk surga.

Adapun bacaan sayyidul istighfar adalah: اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan keburukan dan dosa dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Habib Muhammad bin Yahya dari Indramayu, Jawa Barat di bulanRajabtelah diturunkan perintah sholat. "Maka jangan tinggalkan shalat. Ibadah sholat, adalah ibadah istimew," terangnya. Pihaknya juga menyampaikan semua ibadah bagus, dari sekian banyak ibadah yang paling istimewa adalah sholat.

Dan juga membaca IstighfarRajab. Banyak di antara kita mungkin masih sedikit asing dengan bacaan Istighfar Rajab. Namun bila membaca setidaknya dua atau empat kali IstighfarRajabdi dalam hidupnya, niscaya Allah akan mengampuni dosanya, meskipun ditetapkan akan masuk neraka.

Beberapa berpendapat bahwa hadits yang meriwayatkan puasa di bulanRajabadalah dhaif, sehingga bila dilakukan adalah bid'ah. Namun ada pula yang berpendapat bahwa puasaRajabhukumnya sunah, bila dilaksanakan di waktu waktu yang tidak dilarang. Puasa tanggal 1Rajabsama dengan menghapus dosa 3 tahun.

Puasa tanggal 2 sama dengan menghapus dosa 2 tahun. Puasa tanggal 3 sama dengan menghapus dosa 1 tahun. Berikut ini niat puasa bulanRajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta'alaa Nabi juga menganjurkan untuk berpuasa pada bulan haram (bulan mulia) sebagaimana diriwayatkan dari Mujibah al Bahukuyah, Rasulullah bersabda "Puasalah pada bulan bulan haran," Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad.

Usamah pernah berkata pada Nabi Muhammad SAW, "Wahai Rasulallah, saya tak melihat Rasul melakukan puasa (sunnah) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya'ban," Rasul menjawab: "Bulan Sya'ban adalah bulan antaraRajabdan Ramadhan yang dilupakan oleh kebanyakan orang," (Riwayat al Nasa'i dan Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Huzaimah). Keutamaan berpuasa pada bulan haram juga diriwayatkan dalam hadis Muslim yang hukumnya sahih. Bahkan berpuasa dalam bulan mulia disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Saat memasuki bulanRajab, Rasulullah SAW membaca doa ini: اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ وَاَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya'banaa wa ballighnaa romadhonaa

Artinya: "Ya Alloh berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya'ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon." Sementara itu di hari Jumat terakhir bulanRajabsaat khotib salat jumat duduk di antara dua khutbah, maka seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa ini sebanyak 35 kali: اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰهِ × ٣٥

Bila membaca doa tersebut, insyaallah sakunya tidak akan sepi dari uang, asalkan diiringi dengan usaha yang sungguh sungguh. Setelah salat Subuh dan Maghrib, hendaknya seorang muslim membaca doa ini sebanyak 70 kali sambil mengangkat tangan, agar terhindar dari api neraka. ربِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

Rasulullah SAW bersabda, "Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih yaitu kalimat Subhanallah Wabihamdihi, Subhanallahil 'Azhim," (HR Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072) Yang artinya "Maha suci Allah dan segala puji bagi Nya, Mahasuci Allah Yang Maha Agung."

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close