Travel

Ini 7 Tips Pilih PPIU yang Aman & Terpercaya Kemenag Cabut Izin Sejumlah Penyelenggara Umrah

Kemenag telah mencabut izin dari sejumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) merupakan biro perjalanan wisata yang telah mendapat ijin dari Menteri Agama RI untuk menyelenggarakan perjalanan umrah. Dilansir dari laman , Senin (13/1/2020) ketiga PPIU yang telah dicabut izinnya adalah PT. Zeinta Intan Kalimantan, PT. Yasmira Wisata Utama, dan PT. As Syirbani Mandiri Wisata.

Pencabutan izin penyelenggaraan dilakukan karena beberapa sebab, yakni ada yang melakukan pelanggaran berupa peminjaman legalitas kepada Non PPIU, ada yang tidak menyediakan tiket kepulangan, dan tidak memulangkan jemaah umrah sesuai dengan masa berlaku visa di Arab Saudi. Selain pencabutan izin, Kemenag juga telah menjatuhkan sanksi peringatan tertulis kepada empat PPIU. Sanksi ini diberikan karena keempat PPIU tersebut terbukti melakukan pelanggaran berupa penundaan jadwal keberangkatan, penerbangan dengan dua kali transit atau lebih, tidak membuatkan identitas/kartu tanda pengenal jemaah umrah sesuai ketentuan, serta operasional kantor perwakilan yang tidak sesuai ketentuan.

Sebelum mendaftar ibadah umrah atau haji, pastikan terlebih dahulu agen travel yang Anda pilih sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Jika agen travel tersebut tidak memiliki izin, lebih baik carilah agen travel lain yang sudah memiliki izin resmi. Cara untuk melihat agen travel umrah yang sudah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia, Anda bisa langsung cek melalui situs resmi Kemenag .

Ketikkan nama agen travel umrah pada kolom pencarian Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bertuliskan 'kata kunci pencarian', setelah itu Klik 'Cari PPIU'. Untuk mengetahui riwayat dari travel umrah, Anda dapat melihat testimoni dari jamaah yang sudah diberangkatkan. Anda juga bisa memperhatikan awal mula berdirinya agen travel umrah tersebut serta jumlah jamaah yang sudah mereka berangkatkan.

Semakin banyak jumlah jamaahnya, semakin baik juga kredibilitas dari agen travel tersebut. Biaya paket umrah yang ditawarkan harus wajar, maksudnya tidak terlalu murah dan melebihi harga normal. Biaya yang ditawarkan juga akan menentukan fasilitas yang didapat.

Sebaiknya, Anda tetap berhati hati dan tidak terbujuk dengan agen travel yang menawarkan harga paket murah. Setiap agen travel umrah dan haji sebenarnya telah mendapatkan kuota visa untuk tanggal keberangkatan. Ketika Anda menemukan agen travel umrah yang menjanjikan jadwal keberangkatan dengan menunggu 1 atau 2 tahun, itu tidak dibenarkan.

Umrah bukan lah pemberangkatan Haji yang harus menunggu antrian. Perjalanan umrah pada tiap agen travel resmi sudah ditentukan jadwal keberangkatannya. Agen travel umrah yang memiliki izin resmi akan menginformasikan secara detail fasilitas yang didapat.

Setiap paket umrah biasanya mendapat fasilitas berupa Tiket pesawat PP, Hotel, Transportasi, Tour dan Makan 3 kali sehari, Bagasi 3 Kg, Air zam zam 5 liter, Visa umroh. Agen travel umrah resmi biasanya menggunakan jasa perbankan untuk melakukan segala transaksi pembayaran. Cek apakah agen travel umrah yang Anda pilih memiliki rekening bank atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

Selain menggunakan jasa perbankan, Anda juga bisa melakukan pembayaran tunai datang langsung ke kantor agen travel tersebut. Beberapa agen travel umrah yang menggunakan sistem MLM saat ini sudah banyak yang bermunculan. Anda akan diminta membayar sejumlah uang terlebih dahulu dan diwajibkan untuk merekrut orang baru agar memenuhi jumlah kuota untuk bisa berangkat.

Hal tersebut hanya akan menguntungkan satu pihak saja dan tidak akan fokus dalam sistem pelayanan.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close