Travel

Ini Berbagai Hal yang Bisa Menyebabkan Penundaan Penerbangan Jelang Liburan Natal & Tahun Baru

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2020, banyak orang yang berebut memesan tiket pesawat untuk transportasi saat traveling. Liburan Natal dan Tahun Baru 2020 merupakan momen spesial yang bisa dimanfaatkan untuk keliling tempat wisata. Bahkan, banyak orang rela memesan tiket pesawat jauh jauh hari untuk bisa merayakan liburan Natal dan Tahun Baru 2020 bareng teman dan keluarga.

Bagi traveler yang ingin bepergian naik pesawat di momen liburan Natal dan Tahun Baru 2020 ini, tentu penundaan sering terjadi. Seperti beberapa alasan termasuk calon penumpang yang membawa satu barang ini dan bisa memperlambat jadwal penerbangan. Diwartakan dalam express.co.uk, ada satu barang yang sebaiknya tidak dipakai penumpang saat di bandara karena bisa menunda penerbangan.

Calon penumpang yang mengenakan kacamata bisa mengalami penundaan penerbangan, terutama jika mereka tidak mengenakannya seperti dalam foto paspor. Secara umum, ketika melewati batas check in, pengecekan keamanan dan paspor, agen bandara ditugaskan untuk memeriksa identitas calon penumpang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa identitas tersebut cocok dengan si pemegang paspor (calon penumpang).

Namun sekarang banyak bandara yang menggunakan alat pengenalan atau pendeteksi wajah dan teknologi biometrik pada kontrol paspor. Hal ini bisa mempercepat proses pemeriksaan keamanan saat ada antrian panjang. Teknologi tersebut bekerja dengan cara mengambil gambar wajah calon penumpang di pos pemeriksaan dan membandingkan dengan gambar yang telah direkam oleh sistem (seperti foto paspor, dokumen visa, atau apapun).

Traveler perlu tahu, saat calon penumpang yang memakai kacamata di bandara namun dalam foto paspor tidak memakai kacamata ternyata bisa menyebabkan penundaan penerbangan. Menurut peraturan paspor UK, calon penumpang diperbolehkan memakai kacamata dalam foto paspor mereka jika 'mata benar benar terlihat tanpa adanya silau atau pantulan apapun'. Karena bisa mempersulit pengambilan gambar dengan fotografi flash, sehingga banyak orang memilih untuk tidak memakai kacamata saat pengambilan foto paspor.

Seorang pakar penerbangan dari Contactlenses.co.uk menyarankan "untuk membantu mempercepat keluar di tempat tujuan, banyak bandara sekarang menggunakan gerbang ePassport yang memakai alat pengenalan wajah utuk membandingkan wajah calon penumpang dengan foto yang sudah direkam (pada chip) paspor". "Berhati hatilah saat menggunakan gerbang e Passport karena bisa menahan penumpang lebih lama jika wajah tidak dapat dikenali," lanjutnya. "Salah satu penyebab utama adalah memakai kacamata dan topi yang bisa mengaburkan wajah penumpang," terusnya.

John Dreyer, seorang Konsultan Optometrik di Contactlenses.co.uk menambahkan "penumpang harus selalu mempersiapkan diri sebelum berangkat ke bandara jika tidak ingin mengalami penundaan penerbangan saat liburan Natal dan Tahun Baru 2020," katanya. "Pastikan kamu membaca peraturan bandara agar bisa melewati keamanan tanpa mendapatkan masalah," terusnya. John mengatakan jika calon penumpang sebaiknya mempersiapkan semua dokumen di tempat yang tepat untuk mempermudah melewati bagian pemeriksaan.

"Sebaiknya siapkan dokumen dan taruh di tempat yang tepat (agar bisa diambil dengan mudah dan cepat)," ucap John. Tidak hanya memakai kacamata, penumpang juga bisa mengalami penundaan penerbangan jika tidak mengemas tas yang mereka bawa dengan benar. Seperti aturan membawa cairan hanya diperbolehkan sebanyak 100ml saja, namun banyak yang belum mengetahuinya.

Banyak yang mungkin tidak menyadari bahwa beberapa barang bisa menyebabkan penundaan penerbangan. Seperti membawa koper besar berisi hadiah Natal yang sudah dibungkus kado. Padahal, pihak maskapai telah memberikan peringatan untuk calon penumpang supaya tidak membungkus hadiah Natal sebelum penerbangan dimulai.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena staf keamanan bandara mungkin akan membuka hadiah tersebut untuk memeriksanya. Maskapai Ryanair misalnya, ada peraturan yang diberlakukan khusus terkait membawa hadiah Natal. Melalui website resminya, maskapai tersebut menurunkan aturan untuk tidak membungkus hadiah Natal sebelum penerbangan.

"Jangan menghabiskan waktu berjam jam dengan memungkus hadiah yang dibawa," tulisnya. "Hadiah yang dibungkus dapat dibuka, dicari, dan diperiksa oleh staf keamanan bandara," lanjutnya. Ryanair juga memberikan saran yang tepat untuk calon penumpang yang ingin membawa hadiah Natal.

"Jangan membawa hadiah yang bisa dilipat, dibungkus rata, atau dibungkus serapi apa pun sebelum tiba di lokasi tujuan," tutupnya.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close