Travel

Ini Cara Agar Tak Tersesat Saat Beribadah di Tanah Suci Pertama Kali Umrah

Bagi jemaah yang baru pertama kali umrah, simak cara dan panduan berikut agar tidak tersesat saat menjalankan ibadah umrah. Kasus terkait jemaah yang tersesat bahkan hingga beberapa hari sudah pernah dan kerap terjadi. Kebingungan jemaah ini biasanya terjadi karena beberapa bentuk bangunan di Tanah Suci hampir sama.

Hal ini sering kali terjadi apalagi bagi jemaah berusia lanjut atau yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Tanah Suci. Biasanya jemaah tersesat saat kembali dari Masjidil Haram atau Masjid Nabawi ke penginapan masing masing. Beberapa jemaah tidak dapat menemukan jalan kembali ke lokasi hotel tempat mereka menginap.

Untuk menghindari beberapa kasus tersesat saat umrah, jemaah perlu memperhatikan beberapa cara berikut ini. Saat berangkat umrah, jemaah wajib mengenal dan mengetahui siapa petugas penyelenggara umrah. Kamu wajib mengetahui warna seragam yang mereka kenakan dan identitas resmi mereka.

Ini adalah cara simpel agar terhindar dari penipuan orang orang yang tidak kita kenal. Setibanya di Mekkah dan Madinah, segeralah mencatat alamat, nomor kamar, dan nama hotel. Lalu selipkan catatan tersebut di saku atau dompet agar tidak mudah hilang.

Atau bisa juga mencacat alamat hotel di ponsel. Saat berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi usahakan untuk bepergian bersama rombongan. Hindari bepergian seorang diri, terkhusus bagi jemaah umrah yang baru pertama kali ke Tanah Suci.

Mengenakan id card dan gelang pengenal membuat kamu mudah dikenali saat terpisah dari rombongan. Id card juga akan memudahkan kamu dalam mencari pertolongan jika tersesat. Atau bisa juga membantu kamu dalam kondisi darurat.

Saat tersesat kamu harus berusaha untuk tetap tenang dan jangan panik. Jika sedang berada di jalan dan merasa lelah saat menemukan arah pulang, istirahatlah sejenak. Cobalah untuk beristirahat sambil mengingat kembali jalan menuju hotel.

Tetaplah berusaha untuk mencari informasi dengan bertanya kepada penduduk setempat atau jemaah lainnya. Bisa juga bertanya kepada petugas yang berada di sekitar lokasi. Bagi jemaah yang pertama kali ke Tanah Suci wajib berhati hati terhadap penipuan.

Kamu wajib mengenali petugas penyelenggara umrah yang dipilih. Kenali petugas dari identitas dan warna seragam resmi atau batik yang mereka kenakan saat memandu umrah.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close