Travel

Ini Penyebabnya Mengapa Kita Mudah Menangis saat di Pesawat

Pernahkah kamu saat merasa ingin menangis saat naik pesawat terbang? Anehnya, keinginan menangis saat di pesawat terbang ini tanpa alasan apapun. Atau pernahkah kamu melihat penumpang lain tiba tiba meneteskan air mata? Keinginan meneteskan air mata ini ternyata bisa terjadi saat naik pesawat terbang. Ketika berada di dalam pesawat terbang, kamu berada bermil mil jauhnya dari tanah. Meski kabin pesawat memberikan tekanan yang membuat penumpang merasa nyaman, tentu saja itu tidak bisa merubah keadaan. Tubuh seolah tahu kita tidak berada di lingkungan yang selayaknya. Alasan kedua adalah jumlah oksigen yang lebih rendah dalam aliran darah. Sama seperti oksigen yang menipis saat pendaki gunung berada di puncak, kadar oksigen di kabin lebih rendak dibanding yang ada di permukaan tanah. Dan dua alasan ini yang menjadi penyebab kamu menjadi mudah menangis saat berada di pesawat terbang. "Dengan ketersediaan oksigen yang lebih sedikit, tubuh akan beralih ke mode konservasi," Kate Sullivan, MSc, Head of Experience at Secret Fares and master level well being psychologist menjelaskan. Penyebab lain kamu mengeluarkan air mata saat di pesawat adalah dehidrasi. " Karena udara yang beredar di kabin sangat kering … kamu mengalami dehidrasi di pesawat," kata Sullivan. Dan dehidrasi dapat memiliki segala macam efek buruk pada tubuh seperti kecemasan dan kesedihan.

Faktor emosi juga memainkan peran membuat kamu mudah menangis saat di pesawat. Ketakutan akan pesawat yang turbulensi, barang bawaan yang hilang, atau ucapan perpisahan dari orang yang disayang di bandara bisa menjadi alasannya. Ada beberapa cara menahan air mata saat saat terbang. Minumlah banyak air sebelum dan selama penerbangan agar tetap terhidrasi. Jika benar benar ingin memaksimalkan hidrasi, Sullivan merekomendasikan menggunakan masker wajah. Kamu juga dapat membuat pikiran sibuk dengan teka teki yang rumit atau permainan otak, seperti teka teki silang. Dan jika akan menonton film, pilih konten yang sedikit lebih ringan.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close