Techno

Jenis Software buat Pengelolaan Administrasi Karyawan

Banyak hal yang harus diurus dan dilakukan HR, mulai dari merekrut karyawan, mengelola administrasi, mengembangkan karyawan, mempertahankan karyawan, hingga membuat lingkungan kerja yang nyaman. Pengelolaan administrasi karyawan menjadi salah satu tugas HR yang paling menghabiskan banyak waktu dan juga biaya. Misalnya setiap bulannya HR harus mengurus payroll karyawan dan menghitung seluruh komponen didalamnya, mulai dari absensi, cuti, lembur, pajak, dan masih banyak lagi.

Untuk meringankan pekerjaan HR inilah hadir yang membantu HR dalam mengurus seluruh pekerjaannya. Di bawah ini adalah beberapa software HR menurut Talenta yang wajib digunakan HR untuk meringankan pekerjaannya. Dengan software rekrutmen, HR dapat dengan mudah melakukan tracking atau pelacakan atas proses rekrutmen perusahaan. Mulai dari pencarian calon karyawan, menyeleksi, melakukan interview dan tes, hingga proses onboarding karyawan.

Dengan begitu, HR bisa dengan mudah mencari dan menemukan talenta terbaik dan menyelesaikan tantangan terbesar seorang HR. Selain itu, dengan software rekrutmen ini, HR juga dapat menghemat waktu dalam melakukan screening secara manual, sehingga proses rekrutmen yang awalnya panjang dan lama menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini tentu dapat membantu HR menjadi lebih produktif dan fokus pada tujuan utama HR yaitu pengembangan karyawan itu sendiri.

Banyaknya karyawan terkadang membuat HR kesulitan dalam mengelola data karyawannya. Pengelolaan database karyawan secara manual bisa menghabiskan banyak waktu dan meningkatkan risiko kesalahan atas informasi karyawan. Hal ini tentu akan berakibat fatal bagi perusahaan dan juga karyawan. Belum lagi, informasi ini sangat diperlukan setiap bulannya dalam melengkapi data yang digunakan untuk proses payroll .

Tidak hanya itu, data karyawan ini juga menjadi komponen penting dalam penyusunan sistem informasi. Di mana semakin lengkap dan akurat database karyawan yang dimiliki perusahaan, maka semakin meningkat kualitas informasi yang diperoleh manajemen. Namun, jika pengelolaan database karyawan tidak akurat, perusahaan juga akan sulit untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

Absensi karyawan, cuti karyawan, jadwal lembur karyawan adalah beberapa manajemen waktu yang harus dikelola HR dengan baik dan teliti. Karena jika salah dalam pengelolaan urusan ini akan berpengaruh dalam penggajian karyawan. Misalnya saja, ketika karyawan melakukan lembur, dan ternyata HR tidak melakukan perhitungan. Ini pasti akan merugikan karyawan. Oleh karena itulah manajemen waktu karyawan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dan dikelola dengan baik.

Dengan bantuan software , masalah manajemen waktu dapat terselesaikan dengan mudah dan data yang dihasilkan pun lebih akurat, juga dapat diakses kapan saja secara real time . Ini adalah software paling penting yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan dan juga citra perusahaan. Salah perhitungan 1 perak pun, perusahaan bisa dituntut karyawan, sehingga menyebabkan citra perusahaan menjadi menurun.

Namun, jika perusahaan menggunakan software payroll , kesalahan maupun keterlambatan penggajian tidak akan terjadi lagi. Sebab, software payroll akan membantu Anda menghitung gaji karyawan secara otomatis dan telah terintegrasi dengan data karyawan mulai dari absensi hingga pajak. Itulah beberapa software HRD yang dapat membantu Anda mengurus segala permasalahan dan urusan administrasi perusahaan.

Dengan begitu, Anda sebagai HR dapat lebih fokus pada tujuan HR, yaitu mengembangkan karyawan dan melakukan engagement serta retainer karyawan.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close