Kesehatan

Kekebalan Melemah hingga Kulit Menua 10 Efek Kurang Tidur Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Tahukah kamu jika kamu kurang tidur berdampak buruk bagi kesehatan? Orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Kita semua tahu bahwa tidur itu sangat penting, tetapi penelitian menunjukkan bahwa sebagian orang menganggap lebih baik tidur secukupnya dan tidak memperhatikan durasi tidur yang disarankan.

Semakin tua usia, semakin banyak hidup dipenuhi dengan pekerjaan, kuliah, dan anak anak. Karena itu, tidur menjadi kurang prioritas. Efeknya lebih dari sekadar menggosok mata dan merasa lelah.

Ini memiliki konsekuensi serius bagi otak dan tubuh. Kurang tidur akan menyebabkan kesehatan fisik dan mental. Dilansir dari yourtango , Matthew Walker, seorang ahli saraf yang mengarahkan laboratorium tidur dan neuroimaging di UC Berkeley, mengatakan kepada Business Insider , "Semakin pendek tidur Anda, semakin pendek hidup Anda."

Bagaimana tepatnya hal ini terjadi? Ilmuwan menghubungkan jadwal tidur yang terganggu dengan peningkatan risiko beberapa kanker, terutama kanker usus besar dan payudara . Studi membuktikan, kulit yang rusak akibat sinar matahari tidak sembuh juga untuk orang yang kurang tidur.

Sehingga orang orang tersebut pada akhirnya menunjukkan lebih banyak tanda tanda penuaan kulit. Tidak mendapatkan cukup jam setiap malam juga berdampak negatif pada kemampuan mental dan keadaan emosi. Anda mungkin merasa lebih tidak sabar atau rentan terhadap perubahan suasana hati.

Ini juga dapat menyebabkan depresi dan serangan kecemasan. Orang orang yang tidak cukup istirahat memiliki lebih banyak mengidam untuk makanan yang tidak sehat, lebih sulit menolak makanan berkalori tinggi, dan kesulitan mengendalikan impuls mereka. Semakin lama kamu bangun, semakin banyak kesalahan visual yang akan kamu temui, dan semakin besar kemungkinan mengalami halusinasi langsung.

Kurangnya istirahat juga menyebabkan penglihatan terowongan, penglihatan ganda dan kemuraman yang dirasakan. Kurang tidur yang lama dan bahkan satu malam tanpa tidur dapat menghambat pertahanan alami tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Tidak membiarkan dirimu beristirahat juga memengaruhi kemampuan tubuhmu untuk menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung.

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, termasuk gula darah, tekanan darah, dan tingkat peradangan. Karena itu, kurang tidur meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kurang tidur dan istirahat yang terganggu, akibatnya, mengurangi libido dan meningkatkan disfungsi seksual .

Ini juga tampaknya memengaruhi kemampuanmu untuk melakukan percakapan. Dirimu sering merasakan kebingungan, kurang produktif, dan sulit berkonsentrasi. Hal tersebut membuat memori dalam otakmu berkurang sehingga dirimu sering lupa.

Mengemudi mengantuk itu berbahaya, karena kurang tidur dapat memiliki efek serupa pada tubuh seperti minum alkohol. Seseorang yang tidaktidurselama 18 jam, memiliki gangguan kesehatan yang sama dengan seseorang yang tingkat alkohol dalam darah 0,08 (normalnya 0,05) sehingga sering dianggap mabuk. Ini hanya beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurang istirahat.

Banyak konsekuensi yang terkait dengan kurangnya istirahat. Tetapi ingatlah ini orang yang kurang tidur secara konsisten beresiko akan meninggal lebih cepat. Pastikan Anda menghabiskan lebih banyak waktu dengan bantal dan jangan terlalu memaksakan diri.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close