Nasional

Lepas Kontingan Pramuka Ikuti Jambore di Amerika Serikat, Ini Pesan Presiden Jokowi

Melepas Kontingan Pramuka yang Ikuti Jambore di Amerika Serikat, Begini harapan Presiden Jokowi Presiden Joko Widodo melepas kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Kepanduan Dunia XXIV. Jambore akan dimulai 22 Juli hingga 2 Agustus 2019 di Virginia Barat, Amerika Serikat.

Acara pelepasan ini digelar di Istana Negara, Jakarta pada hari Jumat, (19/7/2019) siang ini. Hal ini disampaikan Jokowi di akun Instagram miliknya. Jokowi mengungkapkan bahwa setengah dari sekitar 50 juta anggota kepanduan di seluruh dunia, ternyata dari Indonesia.

"Setengah dari Mereka adalah 25 juta anggota Gerakan Pramuka Indonesia. Luar biasa," puji Presiden RI. Kondisi ini ternyata membuat Presiden Jokowi bergembira untuk melepas kontingen Gerakan Pramuka yang akan mengikuti Jambore Kepanduan Dunia XXIV di Amerika Serikat. Ia pun mengimbau, pramuka harus berperan aktif dalam gerakan kepanduan sedunia, seperti slogannya menciptakan dunia yang lebih baik.

Jokowi pun berharap agar jambore sedunia ini mampu memberikan citra positif. Selain itu, mampu menimba pengalaman dari gerakan kepanduan negara lain, dan menjadikannya bekal membina jiwa kepemimpinan. Diakhir captionnya. Jokowi mengucapkan selamat jalan untuk seluruh Kontingen Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Kepanduan Dunia XXIV.

Tak lupa, Jokowi menutupnya dengan Salam Pramuka. Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang akan berangkat menuju Virginia Barat adalah sebanyak 80 orang. Jumlah itu terdiri atas 67 peserta yang berusia 14 17 tahun, ditambah para pimpinan kontingen dan pembina pendamping.

"Di sana kontingen Gerakan Pramuka akan bergabung bersama 45 ribu peserta dari lebih dari 150 negara di seluruh dunia," ujar Budi Waseso. Perkemahannya sendiri akan dilaksanakan di The Summit Bechtel Family National Scout Reserve, bumi perkemahan milik kepanduan Amerika Serikat yang berada dalam taman nasional di negara bagian Virginia Barat. Jambore kepanduan sedunia tahun ini mengambil tema "Membuka Kunci Dunia" atau "Unlock a New World".

"Tema ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi para peserta untuk membuka kunci kemampuan masing masing sehingga kelak menjadi bekal bagi mereka di masa yang akan datang, " tutur Budi Waseso.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close