Bisnis

Lihat Rincian Penurunan Harga BBM Berikut Kabar Gembira! Harga BBM Turun dari Pagi Ini Penasaran

Kabar gembira! Harga Bahan Bakar Minyak / BBM turun hari ini Minggu 5 Januari 2020. BBM jenis apa saja yang turun harga? Lihat rincian berikut ini ….. Memang tidak semua jenis BBM yang harganya turun.

PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) alias menyesuaikan harga jual BBM Umum jenis bensin dan solar Pertamax series dan Dex series di awal 2020. Penyesuaian harga tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan. “Penyesuaian harga BBM Umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam siaran pers, Minggu (5/1/2020).

Dia mengatakan, harga solar dan bensin biasanya berbeda beda di tiap daerah karena dipengaruhi oleh besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing masing daerah. Dengan ada penyesuaian ini, maka harga BBM akan sama rata. Penyesuaian harga tersebut berlaku di seluruh Indonesia mulai hari ini, Minggu, 5/1/ 2020 pukul 00.00 WIB.

Pertamax mengalami penurunan harga dari semula Rp 9.850 menjadi Rp 9.200 per liter. Pertamax Turbo turun harga dari semula Rp 11.200 menjadi Rp 9.900 per liter. Pertamina Dex mengalami penurunan dari harga semula Rp 11.700 menjadi Rp 10.200 per liter.

Dexlite mengalami penurunan dari harga semula Rp 10.200 menjadi Rp 9.500 per liter. "Dengan adanya penyesuaian harga ini, diharapkan dapat meningkatkan loyalitas masyarakat yang sudah menjadi pelanggan setia produk Pertamina," ujar Fajriah. (Kompas.com/ Fika Nurul) Sumber:

Dalam hal menghematkonsumsibahan bakarmotor, ternyata tidak sulit dilakukan, bisa dicoba tiga hal berikut. Apa saja, yuk kita rinci bersama : Pertama yang harus dilakukan adalah ubah kebiasaan memanasakanmotor.

"Memanaskanmotoritu penting, supaya sirkulasi oli merata tapi kalau kelamaan juga enggak baik," ujar Alvin El Hud dari Long Drain Interval Community (LDIC). "Malah membuang membuangbensin," ujar pria yang akrab disapa Juru Bicara (Jubir) ini. Makanya memanaskan motor di pagi hari enggak usah lama lama.

"Apalagi sekarang sebagian besar motor sudah injeksi, maksimal 30 detik atau kalau ada temperaturnya maksimal satu bar saja sudah cukup," sahutnya di Cilandak, Jakarta Selatan. Cara kedua yang dilakukan untuk menghemat konsumsi bensin motor adalah mengubah gaya berkendara. Jika sebelumnya kalian asal membuka selongsong gas tanpa memperhatikan putaran mesin, ubah menjadi lebih teratur.

"Kurangi bukaan gas secara spontan dan yang enggak perlu. Perbanyak riding dengan kecepatan konstan," sarannya lagi. Kalau kita menggunakan motor yang sudah dilengkapi Eco Indicator akan lebih mudah. Sebab saat motor dibawa dengan kecepatan konstan maka lampu Eco Indicator akan menyala dan konsumsi bensin jadi lebih irit.

Terakhir saat bertemu macet atau lampu merah untuk menghemat konsumsi bensin ternyata ada triknya. "Untuk lampu merah di atas 60 detik lebih baik matikanmotordan saat ketemu macet jangan sering menggantung gas," pungkasnya. Sumber:

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close