Kesehatan

Lima Kebiasaan yang Salah Terkait Mandi Ini Justru akan Merusak Kesehatan Anda

Mandi merupakan pilihan utama setiap orang agar tetap segar, rapi, dan bersih. Setiap orang memiliki kebiasaan mandi yang berbeda beda, mungkin sebagian memiliki kebiasaan yang salah. Kebiasaan salah saat mandi tersebut ternyata dapat merusak kesehatan Anda.

Tujuan utama mandi yaitu membersihkan badan dari sel sel kulit mati, kotoran, serta bakteri pada tubuh. Mandi yang tidak tepat secara tidak langsung akan menimbulkan masalah masalah pada kesehatan. Berikut kebiasaan salah terkait mandi sebagaimana dikutip dari Lifealth.com, Minggu (24/11/2019).

Tidak mandi setelah berolahraga dapat membuat kulit yang iritasi, bengkak atau gembung kulit yang diketahui dengan adanya warna merah, rasa gatal, bersisik, kulit yang mengeras atau benjolan melepuh pada kulit. Selain itu beberapa orang akan mandi setelah olahraga untuk menghilangkan bau keringat. Selain itu dapat menghilangkan bakteri menempel setelah berkeringat.

Contrast shower sangat bermanfaat bagi kesehatan. Contrast shower merupakan teknik mandi di mana terdiri dari 3 menit mandi dengan air panas. Kemudian dilanjutkan 1 menit dengan air biasa.

Lalu diulang hingga 3 sampai 5 kali. Manfaat mandi kontras ini sangat banyak dan baik untuk kesehatan. Mulai dari melancarkan sirkulasi darah, memperkuat imun tubuh.

Selain itu juga untuk menghilangkan stres. Beberapa orang justru mengalami gangguan kesehatan pada rambut akibat keramas setiap hari. Setidaknya, keramas dilakukan dua kali setiap minggu.

Apalagi untuk seorang yang memiliki rambut tipis dan rawan rontok. Membungkus rambut basah dengan handuk akan mengakibatkan rambut menjadi rentan dan mudah patah. Untuk menghindari hal tersebut jangan pernah membungkus rambut basah dengan handuk setelah mandi.

Biarkan kering secara alami atau usap usap dengan handuk secara perlahan. Plak plak yang ada di kamar mandi sangat buruk bagi kesehatan. Terlebih plak di kepala pancuran sebagai sarang bakteri yang bisa menyebabkan penyakit paru paru.

Dalam hal ini, seringlah membersihkan kepala pancuran. Bahkan akan lebih baik jika membersihkan seluruh kamar mandi.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close