Bisnis

LMAN Bayar Dana Talangan Proyek Strategis Nasional Jalan Tol

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (11/9/2019). MoU tersebuttentang pembayaran dana pengadaan tanah jalan tol yang telah dibayarkan terlebih dahulu oleh badan usaha untuk mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol. Adaduakelompokdalam notakesepahaman tahun anggaran 2019 yang terdiri dari 29 BUJT, 36 ruas jalan tol dan 35 nota kesepahaman dengan total nilai Rp 13.103 triliun dan revisi alokasi tahun anggaran 2018, terdiri dari 24 BUJT, 30 ruas jalan tol, 27 nota kesepahaman dengan total nilai Rp 15.030 triliun.

Direktur UtamaLMAN, Rahayu Puspasarimenyebut pemerintah menunjukkan komitmen dalam mendukung dan mempercepat proses pengembalian dana badan usaha melalui LMAN. "MoU ini secara garis besar menghasilkan kesepakatan proses pengembalian dana talangan tanah yang sebelumnyadibayarkanoleh BUJT," katanya dalam penandatanganan di Jakarta, Kamis (11/7/2019). LMAN tidak dapat melakukan pembayaran dan pengembalian dana badan usaha tanpa adanya data dan dokumen akurat, sesuai dan lengkap.

Untuk itu, sinergitas antar instansi seperti Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, BPKP, Kementerian Keuangan dan koordinasi oleh Menko Perekonomian merupakan hal krusial yang tetap harus dijaga. LMANtercatat telahmembayarkan dana talangan PSN berupa jalan tol senilai Rp 34,735 triliun atau 92,8 persen dari yang ditagihkan kepada LMAN sebesar Rp 37,403 triliun.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close