Travel

Masih Banyak Dijual, Perhatikan Cara Mengenali Bahan Makanan Asli dan Palsu

Biasanya masih ada beberapa pedagang curang yang menjual makanan palsu karena dianggap lebih menguntungkan. Sehingga banyak warga yang merasa dirugikan karena hal tersebut. Namun ada beberapa trik untuk mengungkapkan produk makanan yang kamu beli tersebut asli atau palsu.

Dengan begitu kamu bisa terhindar dari pedagang curang yang menjual produk makanan palsu. Meskipun sekilas kacang hijau terlihat hijau segar dan sehat, namun kamu perlu berhati hati. Karena beberapa pedagang ada yang melakukan hal curang, yakni mencampur kacang hijau dengan kacang kedelai hingga kacang polong salju yang diberi pewarna dan natrium metabisulfit.

Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan. Faktanya jika mengonsumsi kacang hijau yang memiliki campuran tersebut, kamu bisa mengalami gangguan kesehatan. Seperti timbulnya risiko penyakit kanker dan masalah metabolisme tubuh.

Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa membedakan apakah kacang hijau ini palsu atau asli. Cukup membeli kacang hijau di tempat produksi secara langsung. Perhatikan juga warna kacang hijau, apabila berwarna hijau pekat maka besar kemungkinan ada campuran pewarna di dalamnya.

Telur merupakan produk makanan yang sering menjadi incaran kecurangan pedagang jail. Ada beberapa telur yang mengandung banyak bahan berbahaya seperti asam benzoat, natrium alginat, dan bahan kimia lainnya. Kamu harus bisa membedakan telur palsu atau asli dengan melihat bagian cangkang telur.

Rabalah cangkang telur, jika terasa kasar maka besar kemungkinan telur tersebut memiliki campuran bahan kimia berbahaya. Biasanya ukuran telur palsu juga lebih besar daripada telur asli. Kemudian kamu juga harus memperhatikan kuning telur, jika berwarna terlalu kuning maka besar kemungkinan telurnya adalah palsu.

Saat membeli buah apel kamu harus melihat dengan teliti. Bisanya ada pedangang curang yang menyuntikkan zat aditif ke dalam apel. Sehingga buah apel tampak lebih segar dan lebih sehat.

Namun perlu kamu tahu, memilih buah apel yang salah dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kamu harus memilihnya dengan tepat, yakni perhatikan warna dan tekstur buah apel. Jika buah apel terlihat terlalu mengkilap, terlalu hijau, atau terlalu bulat maka besar kemungkinan apel tersebut adalah palsu dan berbahaya.

Belilah buah apel yang warnanya tidak mengkilap saat terkena sinar matahari. Selain makanan, kamu juga harus berhati hati saat membeli rempah rempah. Satu di antaranya adalah kayu manis.

Kayu manis asli adalah kayu manis yang tumbuh di Sri Lanka dan India Barat. Kayu manis berasal dari spesies Cinnamomum verum , sedangkan kayu manis palsu berasal dari spesies Cinnamomum aromaticum . Kayu manis yang palsu biasanya menggunakan jenis cassia yang berbahaya bagi kesehatan.

Namun kamu perlu mengetahui kayu manis yang asli adalah kayu manis yang mudah patah, ringan, dan tampilannya tampak seperti perkamen. Sedangkan cassia teksturnya sangat kaku dan berwarna cokelat terang. Bagi pecinta burger juga perlu berhati hati saat membeli burger, kamu harus pandai mengamati daging yang disajikan di dalam burgermu.

Faktanya pada tahun 2016, perusahaan Impossible Foods telah menunjukkan daging palsu yang digunakan dalam burger. Daging tersebut berasal dari pati, gandum, dan ragi yang sudah dicampur dan dimodifikasi. Cukup sulit untuk membedakan daging burger asli ataukah palsu.

Kuncinya adalah kamu harus peka terhadap rasa. Daging palsu yang digunakan dalam burger biasanya terbuat dari kedelai dan kacang kacangan. Sedangkan daging asli adalah murni daging asli pilihan dari hewan ternak.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close