Travel

Mengenal Berbagai Motif Batik Nusantara yang Sangat Beragam

Selain melestarikan berbagai kekayaan budaya bangsa yang sudah sangat diakui UNESCO dengan mengenakan busana batik. Maka Anda juga perlu untuk mengenal berbagai motif batik yang telah tersebar di banyak wilayah Indonesia. Biasanya lebih dikenal dengan sebutan batik nusantara. Seperti yang Anda ketahui, batik itu tidak hanya berasal dari Jawa Tengah. Setiap provinsi itu mempunyai berbagai motif tersendiri yang jadi ciri khas. Diantaranya, yaitu :

Batik Kudus
Batik ini telah didesain dengan berbagai warna sogan atau kecoklatan yang diberi corak parang, tombak, ataupun kawung. Batik ini juga dihias dengan berbagai rangkaian bunga, kupu-kupu, serta berbagai ragam motif lainnya yang sesuai dengan berbagai ciri khas Kabupaten Kudus. Salah satunya motif berupatembakau cengkeh. Sebab, Kudus ini merupakan kota yang sangat terkenal dengan rokok kreteknya.

Batik Jepara
Batik Jepara juga sangat dikenal dengan sebutan batik Kartini, karena di kota Jepara inilah sang pahlawan emansipasi wanita tersebut lahir dan dibesarkan. Konon diketahui kalau batik Jepara ini lebih banyak dikenakan oleh kaum bangsawan. Terlihat mewah dan juga elegan, batik Jepara ini banyak mengambil motif dari ukiran kayu Jepara. Warna khas dari batik Jepara ini antara lain cokelat, hijau tua dan hitam.

Mega Mendung
Batik Nusantara lainnya yaitu Mega Mendung. Mega mendung merupakan motif batik Cirebon yang populer. Mega mengandung itu punya arti langit ataupun awan, dan mendung mempunyai arti langit gelap. Seperti namanya, motif Mega Mendung telah mengadaptasi bentuk awan yang tampak terlihat bergelung dan mempunyai warna bergradasi. Pada umumnya batik Mega Mendung ini berwarna cerah dan ceria, karena telah terpengaruh daerah pesisiran yang cukup dekat dengan pantai.

Batik Jambi
Jika biasanya motif sebuah batik itu didominasi berbagai warna gelap dan juga earthy seperti hari cokelat, putih, krem, merah bata dan juga hitam. Maka untuk batik Jambi ini lebih banyak berwarna pastel. Berbagai warna lembut dan juga cerah membuat batik ini akan terlihat berbeda.Sebagian besar motif dari batik Jambi berbentuk tanaman dan juga hewan. Adapun corak batik Jambi yang sangat terkenal yaitu Kepak Lepas, Cendawan, Batanghari, Gong, Ayam dan juga Kupu-kupu.

Batik Marunda
Batik Marunda mulai dibuat oleh para ibu-ibu rusunawa Marunda sekitar 4 tahun lalu. Namun cukup berpotensi dan disukai oleh para pencinta batik karena motifnya yang sangat menarik dan juga unik.

Batik Marunda ini merupakan salah satu batik nusantara lebih seperti sebuah lukisan jika dibanding kain batik lainnya. Ada berbagai motif khas untuk Batik Marunda, dua di antaranya yaitu  burung kipasan dan juga bunga bandotan. Batik Marunda ini juga sangat banyak mengusung flora dan juga fauna khas Jakarta.

Batik Papua
Seperti halnya daerah lain yang ada di Nusantara, Papua juga mempunyai seni membatik dengan ragam hias yang sangat khas. Batik Papua ini didominasi berbagai bentuk burung Cendrawasih dan juga ragam hias Asmat. Beberapa motif yang kerap kali dipakai dalam batik Papua ini di antaranya yaitu burung Cendrawasih, ikan, Busur, Panah dan juga Patung.

Batik Lampung
Lampung mempunyai kain tradisional yang merupakan kebanggaan yaitu berupa kain tapis dengan berbagai benang emasnya. Motif dari batik Lampung ini biasanya mengadaptasi bentuk perahu, burung, siger dan juga gajah..

Inilah beberapa batik nusantara yang bisa Anda ketahui. Beragamnya batik yang ada di negeri ini menjadi sebuah kekayaan nusantara yang sangat membanggakan. Bahkan batik ini sudah mendunia ke berbagai negara yang ada diluar sana.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close