Bisnis

Menhub Sebut Konflik Natuna Tak Ganggu Investasi China di Proyek Transportasi RI

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meyakini konflik antara Indonesia dan China terkait laut Natuna Utara tak mempengaruhi proyek infrastruktur transportasi yang dikerjasamakan dengan investor negara tersebut. "Tidak ada (gangguan). Jalan saja, lancar. Saya pikir kita musti pisahkan ya, antara Natuna dengan kegiatan kegiatan investasi jalan semua," kata Budi usai bertemu Menkopolhukam Mahfud MD di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Salah satu proyek perhubungan yang tengah dikerjasamakan dengan China, yaitu proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Dana yang digunakan untuk proyek ini berasal dari pinjaman China Development Bank (CDB) sebesar 75 persen dan 25 persen dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Hingga akhir 2019, proyek pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung menghabiskan biaya sekitar Rp 40 triliun. Adapun total biaya sebesar Rp 80 triliun untuk keseluruhan proyek. Selain proyek KCJB, China juga mendanai beberapa proyek infrastruktur transportasi di tanah air.

"Kereta cepat, ada juga beberapa pelabuhan yang sedang dibicarakan," kata Budi.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close