Travel

Negara menuju 49 yang Bergabung dengan Amerika Serikat Fakta Unik Alaska

Alaska adalah negara ke 49 yang bergabung dengan Amerika Serikat pada 3 Januari 1959. Negara ini secara tidak resmi dijuluki "The Last Frontier", "The Land of the Midnight Sun", dan "Seward's Icebox". Memiliki populasi 710.000 orang, menjadikan Alaska sebagai negara bagian terpadat ke 48 di AS.

Lebih dari 15.000 tahun yang lalu manusia pertama mulai menyeberangi Selat Bering, dari tempat yang sekarang paling timur dari Rusia ke titik paling barat di Alaska. Menurut beberapa peneliti, penjajahan Alaska oleh Kekaisaran Rusia dimulai pada abad ke 17. Dikatakan beberapa kapal Penjelajah Rusia Semyon Dezhnyov mendarat di Alaska dan mendirikan pemukiman di sana.

Apakah itu benar atau tidak, Rusia memang datang untuk menjajah Alaska di kemudian hari, dengan pemukiman permanen pertama yang didirikan pada 1784. Sementara penjajahan Kerajaan Rusia di Alaska tidak begitu berhasil bagi Kekaisaran, AS punya ide sendiri. AS membeli Alaska dari Kekaisaran Rusia seharga USD 7,2 juta dolar.

Ada bentangan jalan raya dan jalur kereta api yang disebut Railbelt, yang membentang dari pantai selatan Alaska sampai ke kedalaman pusat negara bagian. Lebih dari dua pertiga populasi Alaska bermukim di komunitas, kota besar dan kecil di hamparan daratan ini. Di ujung selatan Railbelt terletak kota Anchorage, ibu kota Alaska, dan kota terbesarnya.

Dengan luas 1.944 mil persegi (5.035 km²), kota ini menampung sekitar 291.000 orang 40% besar penduduk Alaska. Alaska memiliki begitu banyak sumber daya alam sehingga pada 1976, Alaska Permanent Fund didirikan, yang mengelola surplus pendapatan minyak negara dari industri minyak. Dana negara ini tumbuh melalui investasi di bidang lain, dan setiap tahun dividen dibayarkan kepada penduduk Alaska yang memenuhi syarat.

Agar memenuhi syarat kamu harus telah tinggal di negara bagian selama lebih dari 12 bulan mempertahankan tempat tinggal atau tidak memiliki hukuman pidana tertentu. Bagian Selat Bering yang memisahkan Rusia dan Alaska jauh lebih sempit daripada yang kamu kira. Pada titik tersempit, lebarnya hanya 82 mil.

Di Selat Bering, ada dua pulau yang dimiliki oleh Rusia dan Alaska. Pulau Rusia disebut Big Diomede, dan Alaska disebut Little Diomede. Pulau pulau ini hanya berjarak 2,5 mil dari satu sama lain begitu dekat sehingga kamu bisa melihat seseorang di sisi lain!

Bahkan, pada 1987 seorang perenang jarak jauh dengan nama Lynne Cox berenang melintasi saluran dan ke tepi USSR! Alaska adalah rumah bagi beberapa pemandangan yang sangat luar biasa, dan gunung gunung di sana pasti tidak mengecewakan! Bahkan, 5 gunung tertinggi di seluruh AS terletak di Alaska.

Satu di antaranya Gunung Denali. Gunung ini memiliki puncak tertinggi, pada ketinggian 20.310 kaki (6.194 m) Di selatan Alaska terletak sebuah kepulauan yang disebut Kepulauan Aleut.

Wilayah ini terletak di satu sabuk Gempa Bumi paling aktif di dunia, yang membentang melintasi wilayah utama Samudra Pasifik. Karena itu, Kepulauan Aleutian bukan hanya rumah bagi aktivitas seismik yang sering terjadi, tetapi juga bagi banyak gunung berapi aktif. Yang terbesar dari Kepulauan Aleut, Pulau Unimak, adalah rumah bagi gunung berapi yang sangat spektakuler Gunung Shishaldin.

Gunung berapi ini memiliki kerucut gunung berapi paling sempurna di dunia,melebihi Gunung Fuji Jepang. Berlokasi di pantai tenggara Alaska, terletak Hutan Nasional Tongass. Hutan ini adalah yang terbesar di AS.

Luasnya 16,7 juta hektar (68.000 km²) yang hampir setengah ukuran Florida. Hutan Nasional Tongass adalah hutan hujan sedang, dan merupakan rumah bagi banyak tanaman dan margasatwa yang terancam punah. Pihak berwenang mulai mencatat orang hilang pada 1988, dan pada 2018 ada 60.700 kasus yang dilaporkan sejauh ini.

Alaska memiliki banyak kasuk orang hilang. Anehnya, kasus orang hilang ini kebanyakan terjadi di 3 kawasan yang ada di Alaska ini. Yakni Anchorage, Barrow, dan Junea.

Kawasan ini yang kemudian dijuluki sebagai Segitiga Bermudanya Alaska.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close