Otomotif

Pantau Sopir, Kemenhub Wacananakan Pasang Black Box di Truk

Kementrian Perhubungan(KEMENHUB) dalam acara Safety Driving Competition yang digelar di Tanggerang, Banten Rabu 17 Juli 2019, akan memasang perangkat seperti Black Box pada truk. "Kita sudah ada rancangannya, pemasangan alat mirip seperti Black Box untuk ada di truk, untuk memantau aktifitas pengemudi dan kendaraan yang dibawa oleh pengemudi" ujar Ahmad Wahyudi selaku Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Angkutan Multimoda Kemenhub di sela acarw Safety Driving Competition (17/07/2019). Alat serupa Black Box ini akan dipasang pada truk, untuk melihat aktifitas pengemudi dan kendaraan. Untuk memantau apa yang dilakukan pengemudi dan kendaraannya.

Informasi yang dipantau termasuk kecepatan kendaraan, posisi gas, waktu airbag mengembang, apakah rem ditekan, apakah sabuk pengaman dipakai, putaran mesin, sudut setir dan masih banyak lagi yang bisa direkam alat serupa Black Box. Untuk pemasangan alat serupa Black Box ini kami ingin bekerja sama dengan produsen mobil truk, untuk mengoptimalkan pemasangan ini secara menyeluruh jadi sat membeli mobilnya sudah terpasang " Produsen mobil juga bisa menambahkan 30 data tambahan yang bisa direkam di black box dalam mobil. Termasuk GPS, video dan audio.

Bekerja sama dengan produsen untuk membuat mobil yang dibeli langsung terpasang dan tidak ada yang terpasang, menurut Ahmad Wahyudi, Bila pemasangan tidak dari produsen besar kemungkinan akan diabaikan mengenai pemasangan alat ini.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close