Seleb

Penderita Diabetes Disarankan Konsumsi Makanan Mengandung Magnesium, Cokelat Satu di Antaranya

Diabetesterjadi akibat pankreas memproduksi sangat sedikit atau tidak memproduksi zat insulin. Selain itu,diabetesjuga dapat disebabkan ketika tubuh tidak merespon insulin dengan tepat. Diabetes merupakan jenis penyakit tidak menular (PTM) yang saat ini telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan global.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, terjadi peningkatan angka prevalensi diabetes yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018, sehingga estimasi jumlah penderita di Indonesia kini mencapai lebih dari 16 juta orang. Melansir laman WebMD, gejala umum yang dirasakan oleh penderita penyakit diabetes yaitu sering merasa haus, mulut terasa kering, sering buang air kecil ataupun memiliki masalah infeksi urine. Penderita juga mengalami penurunan berat badan yang drastis tanpa tahu sebabnya (padahal sering merasa lapar dan makan), kelelahan, pandangan kabur, serta sakit kepala.

Walau sampai sekarang, penyakit diabetes ini merupakanpenyakit yang tak dapat disembuhkan, namun masih bisa dikendalikan asalkan para penderita diabetes mau merawat tubuhnya agar tetap sehat. Oleh sebab itu, para penderita diabetes haruslah memeperhatikan pola makannya.Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet sehat. Makanan yang sering dianjurkan untuk penderita diabetes adalah yang banyak mengandung magnesium.

Magnesiummerupakan mikro mineral yang penting bagi penyerapan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan tulang. Kandungan kalsium ini juga bisa mengurangi dampak parah dari migrain sertapremenstrual syndrome(PMS) Konsumsi magnesium secara rutin juga dapat menurunkan risiko diabetes. Pada kondisi mental, hal ini bisa menurunkan stres serta kecemasan yang dimiliki.

Kandungan magnesium ini dapat memicu sejumlah reaksi kimia pada tubuh dan berperan meningkatkan kesehatan tubuh. Pakar kesehatan menyarankan agar kita mengonsumsi 400 miligram magnesium setiap hari untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada saat ini, banyak orang mengalami kekurangan magnesium karena sejumlah hal termasuk gaya hidup.

Ketika kekurangan magnesium,kita bakal mengalami gejala seperti kehilangan nafsu makan, mual, muntah, kram otot, serta sejumlah hal lainnya. Untungnya, sejumlah makanan memiliki kandungan magnesium yang bakal bermanfaat bagi kesehatanmu. Diambil dari The Health Site, berikutlima makanan yang kaya dengan magnesium.

Secara khusus, setiap konsumsi 28 gramdark chocolatebisa memberi 64 mg magnesium pada tubuh.Jumlah ini setara dengan 16% kebutuhan harian. Makanan ini juga kaya dengan zat besi, tembaga, antioksidan, serta serat yang sehat bagi tubuh. Hindari mengonsumsi jenis cokelat lain, apalagi cokelat yang diberi pemanis seperti permen cokelat. Sebuah alpukat memiliki kandungan magnesium sebesar 58 mg. Jumlah ini setara dengan 15% kebutuhan harian.

Buah ini juga kaya dengan potasium, vitamin B, lemak sehat, serta vitamin K. Sejumlah kandungan itu membuat buah ini bermanfaat untuk mengurangi inflamasi dan meningkatkan tingkat kolesterol baik. Tumbuhan polong polongan apa pun jenisnya memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Secangkir polong polongan mengandung 120 mg magnesium yang setara 30% kebutuhan harian. Makanan ini kaya dengan potasium, protein, serat, dan zat besi. Sejumlah hal tersebut membuatnya rendah kolesterol, meningkatkan kontrol gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Biji bijian seperti biji flax, chia, atau labu memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Contohnya 28 gram biji labu mengandung 15 mg magnesium di dalamnya. Jumlah ini setara dengan 37% kebutuhan harian. Makanan ini juga kaya dengan zat besi, lemak tak jenuh, antioksidan, serat, dan asam lemak omega 3. Termasuk kale, bayam, dan sejumlah lainnya merupakan sumber yang kaya denganmagnesium. Seikat bayam yang dimasak mengandung 157 mgmagnesiumyang setara 39% kebutuhan harian.

Sayuran ini juga kaya dengan zat besi, vitamin A, C, dan K yang melindungi sel tubuh dari masalah kesehatan dan menurunkan risiko kanker. Sejumlah makanan tersebut merupakan sumbermagnesiumharian yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close