Travel

Penting Perhatikan Kesehatan Anak 7 Tips Umrah Bareng Anak buat Pertama Kali

Bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah umrah bersama anak, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips berikut. Membawa anak untuk menjalankan ibadah umrah merupakan hal yang baik. Namun bagaimana caranya agar ibadah umrah tetap berjalan lancar dan nyaman meski membawa anak?

Perlu diingat kondisi cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di tanah air, dan bisa dibilang cukup ekstrem. Karena itu penting bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah umrah bersama anak untuk memperhatikan waktu keberangkatan. Agar ibadah umrah lancar dan nyaman, kamu bisa memilih waktu keberangkatan pada awal tahun atau akhir tahun.

Tips umrah bersama anak yang wajib kamu ketahui yakni jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan anak. Sebelum berangkat, ada baiknya untuk mengecek kesehatan anak ke dokter terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memberikan vaksin sesuai dengan anjuran dokter.

Mempersiapkan perlengkapan anak wajib kamu lakukan jika ingin menjalankan ibadah umrah bersama. Terlebih bagi anak yang masih dalam masa Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), mau tidak mau kamu harus membawa perlengkapan makan sendiri dari rumah. Kamu juga bisa membawa beberapa makanan instan yang tinggal diseduh untuk meminimalisir kerepotan.

Sementara untuk pakaian, bawa pakaian yang nyaman dengan bahan katun yang menyerap keringat. Jangan lupa juga untuk membawa stroller agar kamu tidak kelelahan menggendong anak selama menjalankan ibadah umrah. Usahakan untuk menyiapkan semua perlengkapan anak jauh jauh hari sebelum keberangkatan.

Siapkan juga tanda pengenal anak yang dibawanya setiap kali bepergian di tanah suci, sebagai antisipasi jika anak tiba tiba terpisah dari rombongan. Durasi penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi cukup lama bisa saja membuat anak cepat bosan dan sedikit rewel selama penerbangan berlangsung. Oleh karena itu, cek apakah maskapai yang digunakan memiliki in flight entertainment agar anak tidak bosan selama perjalanan.

Kamu juga bisa membawa buku bacaan atau mainan favorit anak jika diperlukan. Satu hal penting berikutnya yang wajib kamu perhatikan adalah jarak antara penginapan dengan masjid. Ada baiknya untuk memilih penginapan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari masjid.

Agar anak nyaman dan tidak perlu berjalan jauh ketika ingin salat di masjid. Kondisi tanah suci yang selalu ramai sepanjang tahun membuat kamu harus selalu waspada dan mengecek keberadaan anak agar tidak hilang. Setiap agen travel umrah memiliki kebijakan biaya untuk anak anak.

Sebaiknya lakukan survei ke beberapa agen travel umrah perjalanan. Selain biaya paket umrah, kamu juga harus mempersiapkan biaya tambahan selama di tanah suci. Biaya ini digunakan untuk keperluan di luar ibadah seperti makanan tambahan atau keperluan mendadak yang lain.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close