Sains

Perhatikan Ini Cara Gampang Bedakan Ular Berbisa & Tak Berbisa Menurut Komunitas Pecinta Ular

Teror ular saat ini masih saja ramai di pemberitaan, bahkan ada ular yang masuk ke rumah warga sehingga menyebabkan kekhawatiran di tengah tengah masyarakat. Komunitas pecinta ular asal Purwakarta yakni Natrix memberikan tips membedakan ular berbisa dan tidak berbisa. Ketua Natrix Purwakarta, Raynanada Gumilang mengatakan satu hal yang perlu Anda lakukan jika bertemu dengan ular yakni tenang dan jangan panik. Karena, hewan melata ini tak semuanya berbisa.

Ada 2.000 spesies ular di dunia ini. Hanya ada sekitar 200 spesies ular saja nih yang memiliki bisa, seperti ular sendok, ular tanah, ular hijau, ular laut, ular pohon, ular welang, hingga ular kobra. "Orang awam memang agak susah bedakan mana ular berbisa dan tidak. Padahal ada cirinya loh yang bisa kita jadikan patokan saat bertemu ular," ujarnya di Purwakarta, Rabu (15/1/2020). Pertama, ular berbisa itu biasanya ditandai dengan ciri khusus, seperti miliki gigi taring kecil. Lalu, sebagian kepalanya berbentuk segitiga.

"Nah, jika digigit itu maka akan ada bekas gigitan berupa luka halus yang berbentuk lengkungan," katanya. Selanjutnya, ciri lainnya ialah ular berbisa memiliki warna yang terang dan mencolok, serta memiliki mata lebih lonjong dengan pupil berbentuk elips. "Ular berbisa juga miliki lubang dekat lubang hidung yang berguna mencari mangsa berdarah panas, serta biasanya ular berbisa miliki satu baris pada sisiknya," ujar Ray.

Tak hanya itu nih, ciri ular berbisa jika di dalam air saat berenang itu pergerakannya terlihat seluruh badannya. Sedangkan ular tak berbisa, Ray menjelaskan memiliki ciri di antaranya miliki dua gigi taring besar di bagian rahang atas. "Jika digigit ular tak berbisa itu maka akan ada bekas gigitan berupa dua lubang gigitan utama yang disebabkan oleh gigi taring," ujarnya.

Selain itu, ular tak berbisa umumnya miliki sisik dengan pola sederhana, mata dan pupil bulat. "Semoga dengan ciri ciri ini bisa bermanfaat dan diharapkan bisa lebih waspada terhadap spesies ular berbisa di lingkungan rumah," ujar Ray. (*)

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close