Pendidikan

Pidato Terahir Rektor Universitas Indonesia pada Rapat Terbuka MWA

Sejak Selasa (19/11/2019) lalu, Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin memulai kegiatan pertama di kampus UI Depok bersama rekan rekan anggota MWA yang lain. Ada enam agenda dalam aktivitas perdana, termasuk memperkenalkan dan menetapkan anggota komite resiko. Mereka yang ditetapkan antara lain; Ketua: Dr. Darmin Nasution, S.E, Sekretaris: Prof. Dr. Ir. Teuku Yuri M. Zagloel, M.Eng. Sc. Sementara Profesor Hikmahanto Juwana, SH, LLM, PhD,Dr. Sumantri Slamet dan Mirza Adityaswara, SE, M.App. Fin sebagai anggota. "Saya berterima kasih, pak Mirza, mantan Deputi Senior BI yang masih mau terlibat urusi kampus UI almamaternya termasuk pak Hikmahanto yang sangat sibuk. Saya juga salut kepada ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ristek pak Bambang Brojonegoro yang super sibuk di kabinet masih bisa dan mau membagi waktu untuk selalu mengikuti rapat rapat MWA UI," kata Saleh Husin dalam pernyataannya Kamis (21/11/2019).

"Termasuk menteri BUMN pak Erick Tohir dan mantan Menko Ekonomi pak Darmin Nasution guna bersama sama memajukan Universitas Indonesia yang kita cintai bersama menjadi world class university," lanjutnya. Aktivitas perdana Ketua MWA UI ini kemudian berlanjut ke gedung balai sidang UI Depok, mendengarkan Pidato Pertanggungjawaban Rektor UI Muhammad Anis akhir masa tugas 2014 2019 pada rapat paripurna terbuka MWA. Saleh mengungkap, dalam pidatonya rektor menyampaikan lima poin penting. Antara lain memperkuat jejaring dan kolaborasi untuk meningkatkan kinerja Tridharma. Kemudian pengembangan Human Capital, pengembangan infrastruktur yang terintegrasi. Peningkatan pendapatan UI serta penciptaan tata kelola universitas yang baik.

"Itu merupakan pidato terahir selaku rektor UI yang nantinya pada 4 Desember 2019 mendatang akan menyerahkan jabatannya kepada Prof Ari Kuncoro yang sementara menjabat sebagai dekan fakultas ekonomi dan bisnis. Saat ini sedang berlangsung proses transisi yang berjalan sangat kondusif dan lancar," Saleh menjelaskan. MWA katanya lagi juga telah membentuk pansus tata kelola yang diketuai oleh Bambang Brojonegoro. Bersama rektor dan rektor terpilih, katanya lagi merumuskan rencana strategis indikatif, RKT dan RKA 2020 yang nanti disahkan di rapat paripurna. "Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada Prof Anis yang telah berhasil memimpin UI selama 5 tahun dan banyak catatan positif yang telah ditorehkan," ungkap Saleh, mantan Menteri Perindustrian periode 2014 2016 ini.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close