Travel

Pilot Drone hingga Gamers Pro Resmi Diakui jadi Profesi Baru di Tiongkok, Berikut 13 Daftar Lainnya

Pemerintah Tiongkok telah mengakui ada puluhan pekerjaan baru yang dijadikan profesi resmi di negara itu. Hal ini menandakan minat Tiongkok untuk mengembangkan bakat di berbagai sektor teknologi mulai dari kecerdasan buatan hingga Internet of Things hingga e sports semakin meningkat. Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial pada hari Rabu (3/4/2019), menerbitkan daftar 13 profesi baru yang mencakup gamer profesional, pilot drone, operator robotik, dan insinyur perangkat lunak di berbagai bidang seperti AI, IoT, big data, dan cloud computing.

Penambahan profesi baru ini disetujui pada 1 April oleh tiga badan pemerintah termasuk biro statistik Tiongkok dan kementerian sumber daya manusia. Ini adalah pertama kalinya sejak 2015 pemerintah memasukkan pekerjaan baru ke dalam daftar hampir 19 ribu profesi resmi di Tiongkok. Meskipun tidak memberikan manfaat finansial langsung, menambahkan ke dalam daftar profesi resmi menandakan bahwa profesi ini bisa mendapat lebih banyak dukungan pemerintah.

Daftar tersebut juga menjadi panduan untuk membuat kebijakan dan peraturan pemerintah tentang menciptakan pekerjaan baru, menawarkan pelatihan kejuruan, dan tata cara menilai standar keterampilan profesional. "13 pekerjaan baru ini terutama di bidang teknologi yang memiliki minat tinggi untuk pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para praktisi," menurut sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kementerian sumber daya manusia. China ingin memimpin dunia dalam industri berteknologi tinggi seperti AI dan robotika di bawah program "Made in China 2025", yang dirancang untuk menggerakkan industri manufaktur negara itu.

Sejak mendeklarasikan AI sebagai strategi nasional pada 2017, Beijing telah merekrut raksasa teknologi termasuk Baidu, Tencent Holdings, dan Alibaba Group, yang memiliki South China Morning Post untuk mengerjakan proyek pemerintah di bidang AI masing masing. Dalam hal permainan kompetitif, pemerintah daerah di kota kota seperti Shanghai dan Hangzhou dalam beberapa tahun terakhir mengumumkan rencana mereka untuk menjadi pusat olahraga elektronik terkemuka di dunia. Upaya tersebut termasuk membangun taman industri dan memberikan hibah.

Pada tahun 2003, untuk pertama kalinya China mengakui e sports sebagai olahraga resmi yang diawasi oleh otoritas olahraganya. Asian Games 2022 akan diadakan di Hangzhou, di mana e sports akan dimasukkan sebagai lomba resmi untuk pertama kalinya. 1. Teknisi teknik AI

2. Teknisi teknik IoT 3. Teknisi rekayasa data besar 4. Teknisi teknik komputasi awan

5. Manajer digitalisasi, orang yang mengelola struktur perusahaan melalui platform digital. 6. Teknisi pemodelan arsitektur 7. Operator e sports, orang orang yang menyelenggarakan acara e sports atau memproduksi konten e sports

8. Pemain e sports 9. Pilot Drone, orang yang menerbangkan drone melalui pengontrol jarak jauh 10. Agen pertanian, orang yang menganalisis data dan memberikan dukungan teknis untuk petani.

11. Komisaris instalasi IoT. 12. Operator robotika industri. 13. Staf pemeliharaan robot industri.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close