Otomotif

PT North Marine Spot Sumbang 18 Persen Penjualan Mesin Tempel Suzuki Marine di Indonesia

Untuk memasarkan berbagai tipe mesin tempel Suzuki Marine untuk kapal di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengandalkan jaringan 9 dealer resminya di Indonesia. Dealer dealer ini tersebar di kota kota pesisir yang selama ini menjadi pasar utama produk Suzuki Marine, yaknidi Padang, Jakarta, Cilacap, Surabaya, Bali, Tarakan, Ternate, Papua, dan Ambon. Tahun 2019 ini, akan bertambah satu dealer resmi lagi yang akan segera dibuka di Kota Batam. Seluruhnya dengan layanan sales, service, dan spare parts. Dari sembilan dealer resmi ini, PT North Marine Spot menjadi salah satu kontributor terbesar bagi penjualan produk mesin tempel Suzuki Marine di Indonesia.

PT North Marine Spot merupakan dealer Suzuki Marine berlokasi di Jl. Pluit Timur Raya 42, Jakarta Utara. Dealer iniberdiri sejak Agustus 2007 dan berlokasi di Jl. Pluit Timur Raya 42, Jakarta Utara. Oscar Tenggara Wikarta, owner PT North Marine Spot mengatakan, pihaknya menyediakan layanan sales, service, dan spare part untuk seluruh produk Suzuki Marine di Indonesia. Di kuartal I 2019 lalu (Januari Maret) perusahaannya berkontribusi 18 persen terhadap total penjualan produk Suzuki Marine di Indonesia.

"Pada kuartal pertama 2019, penjualan PT North Marine Spot naik 6 persen, dibandingkan dengan penjualan di periode yang sama di tahun sebelumnya. Hasil ini kita dapatkan dari penjualan mesin 4 tak yang berkontribusi 67 persen dan mesin 2 tak yang berkontribusi sebesar 33 persen terhadap penjualan," ungkap Oscar yang ditemui di hari kedelapan pameran Telkomsel IIMS 2019, Kamis (2/5/2019). Oscar menjelaskan, mesin tempel 4 tak dengan kapasitas PK besar menjadi tipe mesin tempel Suzuki Marine yang mengalami permintaan tertinggi dari konsumen. "Mesin tempel 4 tak berkapasitas 150 PK hingga 325 PK berkontribusi 38 persen terhadap penjualan PT North Marine Spot di kuartal I 2019," ungkap Oscar.

Oscar menambahkan, untuk menggenjot penjualan tahun ini pihaknya terus melakukan kegiatan edukasi pasar, termasuk melalui kegiatan pameran seperti Telkomsel IIMS 2019. Gunardi Prakosa, Marine Department Deputy General Manager PT SIS menambahkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada calon customer Suzuki Marine untuk melakukan sea trial ketika mereka memutuskan akan membeli produk mesin tempel Suzuki Marine agar bisa mengetahui langsung performa mesin yang dibeli. Untuk mendekatkan diri dengan konsumen, pihaknya juga aktif menggelar customer gathering dan mengikuti berbagai pameran seperti Boat Gathering yang diadakan di gelaran Telkomsel IIIMS 2019, pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), dan Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Saat ini Suzuki Marine memiliki line up produk mesin tempel untuk kapal terlengkap dibandingkan merk kompetitor. Total ada 30 tipe terdiri dari 3 tipe mesin 2 tak dan 27 tipe mesin 4 tak. Tiga tipe mesin 2 tak adalah DT15AL, DT30, dan DT40. Ke 30 tipe mesin Suzuki Marine ini terbagi dalam 3 kelompok, small engine, medium engine dan big engine, mengacu pada kapasitas tenaga (PK) yang dihasilkan masing masing tipe mesin tempel.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close