Kesehatan

Rasa Tidak Bahagia Dapat Terlihat dari 6 Tanda yang Dikeluarkan Tubuhmu

Seseorang yang sedang mengalami rasa bahagia akan terlihat oleh orang lain, seperti senyumannya yang menandakan dia sedang bahagia. Kebahagiaan ternyata bukan hanya kondisi pikiran dan sikap positif terhadap kehidupan. Hal tersebut juga terkait dengan proses kimia tertentu pada tubuh, khususnya hormon yang membantu kita merasa bahagia dan memainkan peran penting dalam suasana hati dan kemampuan untuk merasakan kebahagiaan.

Kurangnya hormon hormon tersebut dapat menyebabkan ketidakpuasan dan bahkan depresi. Jika tubuhmu membutuhkan zat gula dan pati, maka kemungkinan kamu memiliki kadar serotin yang rendah. Makanan manis dan asin seperti keripik dan es krim dapat meningkatkan hormon tersebut.

Suasana hatimu akan membaik dan kamu akan merasa lebih baik,tapihal tersebut hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Akibatnya, tingkat hormon kebahagiaan ini semakin berkurang dan kamu akan merasa bahwa kamu membutuhkan asupan makanan tersebut lagi. Sebuah hasil penelitian yang dirilis oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health mengatakan, kurangnya dopamin pada tubuh dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Selain fakta, kamu tertarim pada makanan manis dan tidak sehat, kamu juga dapat makan secara berlebihan. Hal tersebut terjadi karena kamu mencoba mengimbangi rendahnya kadar hormon dopamin dengan makan. Akibatnya, kecanduan makanan dapat berkembang.

Sebuah studi yang diunggah oleh The Journal of Neuroscience menemukan, ada hubungan antara empati dan dan hormon oksitosin (terkadang dianggap sebagai hormon cinta). Hormon cinta tersebut memengaruhi suasana hati kita. Dan jika kamu merasa sulit berempati dengan orang lain atau kamu memiliki masalah dalam mengenali ekspresi wajah, maka mungkin kamu sedang mengalami kekurangan hormon oksitosin.

Sakit kepala dapat terjadi karena kurangnya progesteron, hormon lain yang dapat meningkatkan suasana hati. Nyeri tersebut dapat memanifestasikan diri dalam bentuk migrain. Hormon tersebut penting selama kehamilan, sehingga gejala progesteron rendah pada wanita hamil mungkin berbeda dan harus dikendalikan.

Insomnia adalah salah satu tanda rendahnya kadar serotin, ini dapat memanifestasikan dirinya dalam masalah tidur dan menyebabkan perubahan suasana hati. Orang yang mengalami stres dan depresi cenderung mengalami insomnia. Tremor dapat terjadi karena kurangnya hormon dopamin.

Tremor adalah gerakan yang tidak disengaja dalam tubuh yang disebabkan oleh kontraksi otot. Hal tersebut paling sering terjadi di tangan. Tremor juga bisa menjadi gejala penyakit neurologis.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close