Bisnis

Ruangguru Diminta Bikin Tutorial Pengembangan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) Teten Masduki menerima kunjungan Iman Usman, Co Founder dan Chief Product & Partnership Officer (CPO) dari startup bidang pendidikan Ruangguru beserta rekan kerja. Pertemuan keduanya berlangsung di ruang kerja Teten, di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Teten berharap Ruangguru membuat tutorial bagaimana UMKM bisa mengembangkan usahanya lewat digital yang bisa diakses oleh jaringan UMKM di Indonesia.

Toturial meliputi cara memulai usaha, akses pembiayaan, mencari market, menciptakan produk, hingga mendistribusikannya. “Butuh materi materi yang bisa mengubah mindset kewirausahaan UMKM. Ada keperluan untuk menjangkau 99 pelaku usaha. Kita butuh channel yang tepat untuk itu. Saya pikir Ruangguru yang tepat,” kata Teten. Iman Usman mengatakan bahwa digitalisasi bisa mempercepat UMKM meningkatkan skala usahanya.

Karena itu, pihaknya siap mensupport Kemenkop dan UKM dalam menyiapkan kegiatan pelatihan online, maupun offline yang menyasar berbagai kebutuhan UMKM. “Kita sudah ada platform yang namanya Skill Academy, dan juga Ruangguru yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha atau individu untuk meningkatkan skill mereka di bidang apapun.” “Itu yang bisa diintegrasikan atau dimanfaatkan oleh siapapun termasuk juga pelaku UMKM,” kata dia.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close