Lifestyle

Rumah Terasa Nyaman dan Indah, Inilah Tips Menata Rumah Bersih

Rumah yang bersih dan rapi akan membuat penghuninya merasa betah. Rumah yang bersih juga lebih sedap untuk dipandang sehingga tidak akan malu jika tiba-tiba ada tamu datang. Untuk memperoleh rumah yang bersih dan rapi perlu dilakukan penataan setiap hari. Menata rumah bersih dapat dilakukan bersama anggota keluarga.

Rumah yang bersih dapat menjadi cerminan kepribadian dari penghuni rumah. Penilaian seseorang dapat dilihat dari kerapian dan kebersihan rumahnya. Rumah yang bersih juga dapat mencegah penyakit dan menjaga agar semua anggota keluarga selalu sehat. Seperti yang telah diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Sehingga mempunyai rumah yang bersih menjadi kewajiban.

Untuk memperoleh rumah yang bersih dan rapi memang membutuhkan waktu dan tenaga. Tetapi setelah bersih-bersih dan merapikan rumah dapat dilihat kepuasan. Rumah menjadi lebih nyaman. Agar tidak terlalu banyak waktu dan tenaga yang terbuang saat bersih-bersih rumah maka ada tips menata rumah bersih.

Menyiapkan Tempat Atau Laci

Tempat khusus berupa box atau laci ini dapat digunakan untuk menyimpan barang yang kecil-kecil. Jika mempunyai anak kecil pasti mainannya lebih dari satu. Dengan adanya tempat atau laci khusus ini dapat merapikan rumah dengan cepat. Tumpukan barang yang ada di rumah seperti pakaian, buku dan majalah dapat dimasukkan ke box atau laci khusus agar terlihat rapi.

Segera Membersihkan Tanpa Menunda

Terkadang timbul rasa malas yang melanda jika rumah terlihat berantakan atau debu sudah terlihat menumpuk. Oleh karena itu sangat penting untuk tidak menunda dan segera membersihkan jika ada sedikit kotoran. Tidak sedikit orang yang malas jika melihat pekerjaan menumpuk. Biasakan membersihkan ketika sedang sedikit dan komunikasikan kepada semua anggota keluarga. Dengan cara ini maka rasa capek dan malas akan tersingkir.

Menyingkirkan Barang yang Tidak Diperlukan

Sering ditemui orang yang menumpuk barang-barang padahal sudah tidak dibutuhkan lagi. Padahal menumpuk barang dapat membuat rumah menjadi sumpek dan berantakan. Apalagi ketika tiba sesi bersih-bersih membuat malas karena harus menyingkirkan tumpukan barang tersebut. Akan lebih baik jika barang yang sudah tidak dipakai lagi dikeluarkan dari rumah. Bisa dibuang atau diberikan ke orang lain yang membutuhkan.

Membersihkan di Tiap Ruangan

Agar tidak terlalu capek saat membersihkan rumah dapat fokus dulu di satu ruangan baru pindah ke ruangan lain. Misalnya hari ini fokus membersihkan dan menata ruang tamu kemudian besok membersihkan ruangan santai. Dengan cara ini maka acara menata dan membersihkan rumah tidak melelahkan. Ini dapat menjadi cara yang jitu jika tidak memiliki ART atau sibuk bekerja.

Mempunyai Alat Kebersihan Lengkap

Alat kebersihan lengkap wajib dimiliki jika ingin mempunyai rumah yang bersih dan tertata rapi. Paling tidak mempunyai alat kebersihan dasar seperti sapu, alat pengepel lantai, kemoceng dan cairan pembersih. Jika sudah mempunyai alat kebersihan lengkap maka acaar menata dan membersihkan rumah menjadi lebih bersemangat. Tidak perlu alat kebersihan yang mahal. Yang terpenting dapat dipakai untuk membersihkan rumah sampai bersih dan tidak mudah rusak.

Melibatkan Seluruh Anggota Keluarga

Menata dan membersihkan rumah bukan tanggung jawab ibu semata tetapi semua anggota keluarga. Biasakan semua anggota keluarga menjaga kebersihan rumah dan ikut membersihkan rumah. Biasakan pula untuk ikut menata rumah agar selalu tampak rapi. Jika mempunyai anak kecil juga bisa diajari sejak dini agar terbiasa.

Rumah yang bersih dan rapi akan membuat penghuninya nyaman. Tips menata rumah bersih di atas dapat dicoba agar rumah selalu memberi kenyamanan seluruh anggota keluarga.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close