Kesehatan

Sakit Punggung Jadi Tanda Gejala Kanker Ginjal Seperti yang Diderita Vidi Aldiano Kerap Tak Disadari

Beberapa waktu lalu penyanyi tampan, Vidi Aldiano memberikan kabar buruk soal kondisi kesehatannya. Melalui Instagram, Vidi Aldiano meminta doa pada warganet karena saat itu ia akan melakukan operasi pengangkatan kanker di ginjalnya. Ya,Vidi Aldiano divonis idap penyakit kanker ginjal.

Disebutkan jika ia terkena kanker ginjal tepatnya di ginjal sebelah kiri. "Gue minta tolong teman teman semua bantu doa, semoga operasi berjalan lancar, semoga penyakit penyakit yang ada di ginjal gue bisa diangkat hari ini dengan aman," kata Vidi pada akun @vidialdiano. Sontak banyak warganet hingga artis memberikan semangat dan doa untuk kesmebuhan Vidi Aldiano.

Berikut beberapa gejala kanker ginjal. Salah satu gejala kanker ginjal yaitu munculnya sakit punggung. Mungkin Moms atau Dads sering sakit punggung, namun jangan sepelekan.

Gejala ini dirasakan ketika tumor sudah membesar sehingga menekan jaringan lain di sekitar ginjal. Kebanyakan orang baru diketahui memiliki kanker ginjal setelah menjalani CT scan maupun MRI ketika mengeluh sakit punggung atau pun perut. Kanker ginjal menyebabkan beberapa ganguan yang berhubungan dengan darah seperti anemia, ketidakseimbangan kalsium hingga masalah darah lainnya.

Ginjal menjadi salah satu organ penting dalam proses pencernaan. Sehingga saat kerja ginjal bermasalah, proses penyerapan makanan pun ikut terganggu. Penderita bisa mengalami kehilangan napsu makan hingga akhirnya penurunan berat badan.

Gejala lain soal kanker ginjal yaitu munculnya darah saat urine keluar. Menurut ahli bedah dari Cleveland Clinic, dr Jihad Kaouk, MD, warna darah bisa terlihat segar dan cerah. Bisa juga darah terlihat berwarna gelap. Namun, kanker ginjal stadium dini biasanya tidak memunculkan gejala apapun.

Selain sakit punggung, mudah lelah menjadi salah satu tanda muculnya kanker seperti kanker ginjal. Jika lelelahan yang dirasakan berlanjut terus menerus dan disertai berbagai gejala lain seperti sakit punggung dan kencing berdarah, segeralah periksakan ke dokter. Sayangnya tidak ada gejala khas untuk kanker ginjal sehingga sering dikira penyakit lain.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close