Kesehatan

Simak Penjelasan Berikut Amankah Garam Himalaya Dikonsumsi Oleh Orang dengan Penyakit Darah Tinggi

Garam Himalaya memang saat ini sedang booming, garam ini sebenarnya berasal dari pegunungan di Pakistan. Garam Himalaya ini berwarna pink, karena banyak mengandung mineral mineral dan terutama mineral zat besi. Banyak penelitian menyebutkan bahwa garam himalaya ini bermanfaat untuk detoksifikasi dan bisa untuk menjaga hidrasi tubuh, serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki sifat antimikroba.

Namun para ahli belum sepakat mengenai manfaat spesifik dari garam ini. Menurut dokter spesialis gizi dr. Amelya Augusthina Ayusari MGizi SpGK, dalam hal natrium klorida kandungan dari garam Himalaya memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan garam biasa. Dr. Amelya Augusthina Ayusari MGizi SpGK, merupakan dokter spesialis gizi Klinik di Laboratorium Gizi Fakultas Kedokteran UNS dan RSUD Moewardi serta menjabat sebagai pembina atau founder Kinesia (komunitas peduli nutrisi sehat Indonesia).

Manfaat garam Himalaya ini tidak hanya digunakan sebagai bahan bumbu dapur saja, namun juga digunakan untuk treatmen spa dan untuk dekorasi lampu. Kandungan garam Himalaya ini tidak jauh berbeda dengan kandungan garam pada umumnya. Kandungan utama dari garam ini adalah NaCL atau natrium klorida, sedangkan kandungan lainnya adalah kalsium, besi, seng, kromium dan magnesium.

Dr. Amelya menjelaskan bahwa dalam setengah sendok teh garam Himalaya mengandung sekitar 800 850 mg natrium, sedangkan garam biasa mengandung 1200 mg natrium. Karena kandungan garam ini masih mengandung natrium, sehingga pasien dengan penyakit hipertensi juga harus dibatasi bila mengkonsumsi garam Himalaya ini. Pasien dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi hanya diperbolehkan mengkonsumsi garam dengan kandungan natrium sebanyak 1500 2300 miligram natrium dalam satu harinya.

Atau hanya diperbolehkan mengkonsumsi garam sebanyak satu sendok teh garam biasa atau setara dengan satu hingga satu setengah sendok teh garam Himalaya. Ia jugamenjelaskan bahwa pada pasien hipertensi, konsumsi garam tetap tidak boleh berlebihan baik garam biasa maupun garam Himalaya. Hal ini dikarenakan kandungan natrium yang terdapat di dalam garam ini bekerja mengikat air.

Maka natrium yang terlalu banyak dapat mengikat air, dan akan mengakibatkan retensi cairan di dalam tubuh. Akibatnya natrium ini akan menyebabkan adanya peningkatan tekanan darah dalam tubuh. Maka untuk konsumsi garam Himalaya hanya direkomendasikan hanya boleh dikonsumsi sebanyak satu hingga satu setengah sendok teh saja, agar kesehatan pembuluh pembuluh darah kita.

Mencampurkan garam Himalaya dengan air, dapatmembantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh, karenamembantu Anda tetap terhidrasi. Kandungan garam ini dapat membantu mengeluarkan racun, ion bermuatan negatif dalam garamdapatmenarik racun dari dalam tubuh. Keseimbangan mineral dan hormon yang baik, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Hal ini berfungsi mencegah lonjakan gula darah yang dapat terjadi secara tiba tiba. Garam Himalaya dapat membantu mengaktifkan kelenjar ludah Anda yang melepaskan amilase (enzim yang membantu mencerna karbohidrat). Kemudian, di lambung ia menstimulasi asam klorida dan juga enzim yang mencerna protein dan selanjutnya membantu pemecahan makanan.

Terapi garam adalah proses yang memanfaatkan garam Himalaya murni untuk mengobati penyakit pernapasan. Ketika udara garam ini dihirup, partikel partikel bergerak melalui seluruh sistem pernapasan dan sifat sifat antibakteri dan antimikroba dari garam membersihkan paru paru dan sinus Anda. Garam Himalaya ini dapat digunakan untuk berendam, yang berfungsi untuk meremajakan kulit.

Melalui proses penyerapan, kulit Anda menyerap semua mineral yang memberikan manfaat, seperti kromium yang dapatmelawan jerawat , kandungan seng dan sulfur menjaga kulit Anda tetap halus, serta magnesiumyang dapat membantu menenangkan otot dan jaringan lunak pada tubuh. Garam Himalaya initidak hanya indah, namun garam ini dapat berfungsi sebagai pembersih udara. Proses penguapan menciptakan ion negatif yang bereaksi menyaring serbuk sari, debu, kotoran, polutan, dan alergen yang membawa muatan positif dan menetralisirnya.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close