Travel

Tak Hanya Malioboro, 5 Destinasi Seni dan Budaya di Jogja Ini Juga Wajib Dikunjungi

Jogja memang terkenal sebagai salah satu kota dengan destinasi seni dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Nah, Jogja juga punya beberapa destinasi wisata seni menarik selain Malioboro lho. Museum pertama yang harus dikunjungi saat ke Jogja adalah Museum Affandi.

Di dalamnya, terdapat berbagai karya Affandi, yang merupakan mestro seni lukis Indonesia. Tidak hanya itu saja, museum ini juga menyimpan beberapa karya dari pelukis Indonesia lainnya seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, dan lain sebagainya serta barang barang pribadi Affandi. Museum Affandi terdiri dari empat bangunan yang berupa tempat pembelian tiket, dua studio, dan rumah pribadi Affandi yang kini sudah beralih fungsi menjadi Kafe Loteng.

Lokasi: Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam Buka: Senin Sabtu pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Harga Tiket Masuk: sekitar Rp 25 ribu.

Galeri seni yang satu ini didirikan pada tahun 2007. Sangkring Art Space memamerkan lukisan, patung, bahkan seni instalasi. Tempat yang cukup instagramable ini didirikan dengan tujuan menghargai dan menjunjung kesenian tanpa mempertimbangkan perbedaan budaya dan ideologi yang mendorong para seniman untuk bereksperimen dan mencoba hal hal baru.

Lokasi: Jalan Nitiprayan Nomor 88, RT.01/RW.20, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam Buka: Senin Sabtu pukul 11.00 WIB hingga 18.00 WIB Harga Tiket Masuk: Gratis

Sebelumnya, sejak tahun 1929 Jogja Gallery merupakan Gedung Teater Suboharsono. Dan pada tahun 2006 lalu, Sri Sultan Hangekubuwana X meresmikannya sebagai galeri seni. Lokasi yang mudah diakses membuat Jogja Gallery menjadi alternatif sebagai tempat penyelenggaraan pameran seni.

Jika ingin ke sini, kamu harus memeriksa jadwal pameran yang sedang berlangsung terlebih dahulu, ya. Lokasi: Jalan Pekapalan Alun Alun Utara Nomor 7, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam Buka: Senin Sabtu pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Harga Tiket Masuk: Berubah sewaktu waktu. Taman Budaya Yogyakarta merupakan salah satu geleri seni yang terkenal dan tidak pernah sepi dari kegiatan yang berhubungan kesenian. Mulai dari pameran tunggal, pameran mahasiswa, hingga acara acara seni besar di Jogja seringkali diadakan di sini.

Kamu bisa sekaligus mengunjungi Museum Anak Kolong Tangga yang terletak di bagian atas Taman Budaya Yogyakarta ini. Lokasi: Jalan Sriwedani Nomor 1, Daerah Istimewa Yogyakarta Jam Buka: Setiap hari 24 jam

Harga Tiket Masuk: Gratis (Bisa berubah sewaktu waktu). Langgeng Art Foundation atau LAF merupakan salah satu galeri seni terkenal di Jogja yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kota Gudeg tersebut. Galeri seni yang satu ini memfokuskan diri pada perkembangan seni kontemporer di Indonesia, lho.

Tapi jika kamu ingin ke sana, sebelumnya harus mengecek dulu sedang ada agenda atau tidak. Lokasi: Jalan Suryodiningratan Nomor 37, Daerah Istimewa Yogyakarta Jam Buka: Senin Sabtu pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB

Harga Tiket: Gratis (Bisa berubah sewaktu waktu).

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close