Travel

Tak Perlu Jauh Jauh Ke Jepang, Inilah 5 Tempat Untuk Melihat Bunga Sakura Di Indonesia

Bunga sakura merupakan salah satu daya tarik ketika berkunjung ke negara Jepang. Tidak hanya indah, di Jepang sakura memiliki makna sendiri yakni mewakili kerapuhan sekaligus keindahan hidup. Bagi kamu yang penasaran melihat keindahan bunga sakura tapi belum bisa pergi ke negara Jepang, tak perlu khawatir karena di Indonesia pun kamu bisa menikmati bunga sakura.

Sekitar tahun 2012, beberapa lokasi di Karangasem, Provinsi Bali, dipilih sebagai tempat ditanamnya ratusan bibit Bunga Sakura. Jenis bibit yang bisa tumbuh dan bertahan di berbagai suhu yakni Sakura Yoko. Selain di Karangasem, Bunga Sakura juga bisa dinikmati di Kebun Raya Eka Karya sepanjang bulan April dan September.

Tempat ini adalah yang pertama ditanami bibit Bunga Sakura di Indonesia. Sejak 1953 bunga sakura di tanam, maka tak mengherankan jika di tempat ini tumbuh sedikitnya tujuh jenis pohon sakura. Jika ingin menikmati pemandangan bunga sakura yang bermekaran, datanglah antara Januari sampai Februari dan Juli sampai Agustus.

Jika dulu tanah Sumba dikenal dengan pemandangan sabana yang identik dnegan daerah gersang dan kering. Namun siapa sangka jika tanah Sumba tepatnya di Kota Waingapu, bunga sakura justru bisa tumbuh dengan sendrinya di pinggir jalan bahkan hingga di pedesaan. Bunga sakura di Waingapu akan bermekaran sekitar Oktober sampai November.

Kota yang berbatasan langsung dengan Singapura ini ternyata memiliki bunga sakura yang sengaja ditanam untuk mempercantik komplek perumahan. Untuk bisa menikmati keindahan bunga sakura kamu bisa datang pada Maret hingga Mei. Tepat pada Januari 2018, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo meresmikan Taman Wisata Sakura Gunung Lawu yang berlokasi di Dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli, Cemoro Kandang, Karanganyar.

Setidaknya ada sebanyak 60 pohon sakura yang ditanam di tempat ini dengan luas sekitar 1,2 hektar. Karena masih dalam tahap penanaman, bisa dipastikan untuk menikmati pemandangan bunga sakura di Karanganyar baru bisa dilakukan beberapa tahun yang akan datang.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close