Travel

Termasuk Jejak Putih yang Ditinggalkan Pesawat di Langit Deretan Fakta Unik Penerbangan

Traveling dengan pesawat terbang memang memiliki kelebihan tersendiri dibanding moda transportasi lainnya. Ini dapat dilihat dari efisiensi waktu dan kenyamanan. Namun, ada banyak hal tentang pesawat terbang dan penerbangan yang belum banyak diketahui.

Mulai dari alasan kenapa letak kursi tidak selalu sebaris dengan jendela pesawat hingga kenapa tidak boleh membawa botol air minum ketika melewati pemeriksaan keamanan. Botol air mineral merupakan satu barang yang paling dilarang dalam pemeriksaan keamanan. Kamu tidak boleh membawa sebotol air mineral lewat pemeriksaan keamanan karena dapat mengakibatkan permasalahan waktu dan keselamatan.

Sebab, mesin pemindai dalam pemeriksaan keamanan tidak dapat membedakan air biasa maupun bahan kimia cair. Boleh membawa cairan dalam jumlah kecil, tetapi itu harus dipisah dari tas tangan atau carry on. Garis putih di langit disebut jejak kondensasi atau contrails, dan itu adalah hasil dari pembakaran bahan bakar.

Ketika mengalami pembakaran, bahan bakar pesawat dapat menghasilkan karbon dioksida dan air, yang mengembun menjadi tetesan kecil di belakang pesawat di udara. Jika diperhatikan dengan cermat, selalu ada celah antara pesawat dan jalur uap ini. Sebab, dibutuhkan beberapa waktu agar gas yang terbentuk berubah menjadi titik titik air.

Sementara sebagian besar perusahaan penerbangan dan Federal Aviation Administration (FAA) menyatakan tidak ada kursi yang paling aman, data tentang kecelakaan penerbangan dari Popular Mechanics menemukan, kursi yang lebih aman berada di bagian belakang. Penyelidikan menemukan, penumpang di dekat ekor pesawat itu 40 persen lebih mungkin selamat dari kecelakaan daripada penumpang yang berada di kursi depan. Kelihatannya sedikit aneh, jendela dan kursi tidak selalu berada dalam baris yang sama di dalam pesawat.

Menurut saluran YouTube, Today I Found Out saat membahas soal ini, diketahui kursi tidak ditempatkan sesuai baris letak jendela karena maskapai penerbangan menghitung berapa banyak baris kursi yang disediakan di setiap pesawat, dan tidak setiap maskapai memutuskan jumlah baris yang sama.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close