Techno

Turnamen Esports dengan Total Hadiah Terbesar Tahun Ini Dota 2 Capai Rp 481 M Kaleidoskop 2019

Sejak tahun 1990 an, game bukan hanya sekedar hobi dan hiburan. Game kini telah menjadi suatu olahraga profesional esportsyang banyak peminatnya. Banyak pengembang game atau pihak lain berlomba mengadakan turnamen esports dengan total hadiah yang sangat besar.

Sepanjang 2019 setidaknya telah ada lima turnamen esportsdengan total hadiah jutaan US dolar atau miliaran rupiah. Mulai dari turnamen game Arena of Valor, Fortnite, PUBG, League of Legends, dan Dota 2. Para gamer profesional akan berkumpul dan berlomba menjadi terbaik dengan memenangkan turnamen.

Hingga saat ini esportsterus berkembang pesat di seluruh dunia. Berikut turnamenesportsdengan hadiah terbesar di dunia yang diadakan sepanjang tahun ini sebagaimana dikutip dari , Senin (16/12/2019). Turnamen ini melombakan player profesional game Arena of Valor.

Diadakan mulai 10 Juli hingga 10 Agustus 2019 di Shenzhen, China. Hadiah utama yang ditawarkan dalam turnamen sebesar 2,1 juta USD atau sekitar Rp 30,3 miliar. Hasil turnamen yakni tempat pertama diduduki oleh eStar Pro dan berhasil mendapatkan hadiah sebesar 1,9 juta USD.

Sedangkan tempat kedua ditempati oleh Rogue Warriors. Keduanya merupakan tim dari China. Turnamen ini diadakan di Berlin, Madrid, dan Paris.

Melombakan game League of Legends, turnamen ini berlangsung mulai 2 Oktober hingga 10 November 2019. Turnamen ini menawarkan hadiah utama sebesar 2,2 juta USD atau sekitar Rp 31,2 miliar. Hasil turnamen, tempat pertama diduduki FunPlus Phoenix, tempat kedua oleh G2 Esports, dan ketiga Invictus Gaming.

Game yang diturnamenkan adalah Battlegrounds Playerunknown (PUBG). Game battle royale ini dikembangkan oleh PUBG Corporation, anak perusahaan South Korean video game company Bluehole. Saat ini PUBG Global Championship 2019 masih berlangsung di Manhattan Beach, California untuk penyisihan grup dan semifinal.

Nantinya pertandingan final akan diadakan di Oakland, California. Hadiah utama pada turnamen ini sebesar 5,9 juta USD atau sekitar Rp 84 miliar. Fortnite World Cup Finals 2019 diadakan di New York, United States.

Game yang diturnamenkan yakni Fortnite Battle Royale, pesaing Playerunknown's Battlegrounds (PUBG). Turnamen ini menawarkan total hadiah sebesar 15,2 juta USD atau sekitar Rp 214 miliar untuk mode solo player. Sedangkan untuk mode duo player total hadiah sebesar 15,1 juta USD atau sekitar Rp 211 miliar.

Turnamen ini diadakan pada 27 Juni 2019. Hasil turnamen untuk mode solo player, juara pertama dimenangkan oleh Bugha asal Amerika Serikat mendapatkan 3 juta USD (sekitar Rp 42 miliar). Sedangkan hasil untuk mode duo player dimenangkan oleh David "Aqua" Wang (Austria) dan Emil "Nyhrox" Bergquist Pedersen (Norwegia).

Turnamen ini diadakan di Shanghai, China. Game yang diturnamenkan adalah Dota 2. The International 2019: Dota 2 Championships merupakan akhir dari musim Dota Pro Circuit (DPC) 2018 2019.

Sebanyak 18 tim teratas berkumpul dan berlomba merebutkan total hadiah 34,3 juta USD atau sekita Rp 481,5 miliar. Turnamen ini diadakan mulai 15 hingga 25 Agustus 2019. Hasil turnamen yakni juara pertama OG mendapatkan 15,6 juta USD sekitar Rp 219 miliar, sedangkan posisi kedua diduduki Tim Liquid dengan hadiah 4,4 juta USD (sekitar 62,6 miliar).

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close