Pendidikan

untuk Materi Kelas 4-6 SD di TVRI Jawaban Soal Bagaimana Cara Membudidayakan Tanaman Buah Pala

Bagi kamu yang duduk di kelas 4, 5 dan 6 SD, hari ini belajar dari rumah di TVRI tentang Sejarah dan Budaya Maluku. Kamu bisa menyaksikan secara langsung di TVRI melalui link Live Streaming berikut ini: Pada tayangan belajar kali ini, kamu diminta menjawab tiga pertanyaan yang disampaikan.

Apa saja pertanyaannya? Ayo langsung saja dibaca pertanyaannya di bawah ini: 1. Bagaimana cara membudidayakan tanaman buah pala? 2. Soya Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Apa yang harus kamu lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya Soya?

3. Apa nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange”? Nyanyikan lagu “Rasa Sayange” di depan ayah bundamu! Kamu masih punya waktu panjang untuk menjawabnya. Jawaban : Cara membudidayakan tanaman buah pala adalah dengan cara generatif (biji) dan juga dengan vegetatif.

Pala merupakan salah satu rempah rempah yang banyak dihasilkan di Maluku dan Banda. Jawaban : Soya Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Yang harus saya lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya Soya adalah mengerti sejarah tarian, berasal dari mana, dan memahami makna tarian tersebut.

Jawaban: Nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange” adalah hubungan sosial antarmanusia dan rasa sayang terhadap lingkungan. Nasihat pada lagu “Rasa Sayange” terdapat pada bait bait lagu yang berbentuk pantun yang bersahut sahutan. Pada hari yang sama,siswa SMP mempelajari Tari Lenggang Nyai dalam program Pelangi Nusantara.

Ada tiga pertanyaan yang diberikan pada materi Belajar dari Rumah untuk siswa SMP. 1. Apakah keunikan Tari Lenggang Nyai? 2. Apakah perbedaan pola lantai tari tradisional dan tari kreasi?

3. Ceritakan sinopsis dari Tari Lenggang Nyai? Kamu masih punya waktu untuk menjawab tiga pertanyaan ini. Jawab:

Keunikan Tari Lenggang Nyai adalah perpaduan unsur budaya China dan Betawi dalam busana yang dikenakan. Biasanya busana penari Lenggang Nyai menggunakan warna terang. Misalnya warna hijau terang dan merah terang.

Selain itu, pada bagian kepala dihiasi dengan hiasan seperti mahkota yang identik dengan budaya China. Pada pertunjukan, tarian ini juga diiringi dengan musik tradisional Betawi, yaitu Gambang Kromong. Jawab:

Pola lantai pada tari tradisional berdasarkan pola yang sudah ada dari dulunya. Sementara pada tari kreasi baru pola berdasarkan pola yang sudah ada atau juga dapat diubah. Pola lantai tradisional adalah tarian yang menggunakan pola lantai mudah, tapi kuat.

Sementara tari kreasi adalah tari yang terdiri dari gabungan tari yang dibuat oleh kita sendiri. Jawab: Tari Lenggang Nyai adalah satu di antara tarian khas Jakarta yang diambil dari sebuah cerita rakyat.

Banyak pesan dan makna yang ingin disampaikan melalui tarian ini, terutama pesan mengenai kebebasan wanita. Tari ini pun seringkali ditampilkan dalam berbagai acara di Jakarta. Nama Tari Lenggang Nyai berasal dari kata “lenggang” yang berarti “melengak – lengok” dan kata “nyai” yang diambil dari cerita Nyai Dasimah.

Menurut sejarah, Tari Lenggang Nyai diciptakan seorang seniman tari dari Yogyakarta bernama Wiwik Widiastuti. Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close