Techno

Yuk Nostalgia Fotografi melalui HP Kamera Awal 2000-an! Warganet

Bagi para penggemar fotografi, terutama mobile photography , dahulu rasanya sulit membayangkan jika perkembangan kamera HP akan sepesat dan secanggih seperti sekarang. Masih berbekas di ingatan HP kamera pertama yang ada di Indonesia. HP ini sempat sangat populer dikalangan masyarakat dan menjadi barang yang sangat canggih nan berteknologi tinggi sehingga menundang decak kagum serta rasa iri dari banyak orang. Maka dari itu tak heran jika mereka yang punya HP kamera ini pasti dianggap sangat keren dan bisa dibilang berkecukupan sebab harga HP kamera bisa dibilang tak ‘terjangkau’ sekarang.

Jika dipikir pikir, apa sih bedanya HP kamera sekarang dengan HP kamera zaman dahulu? Tentu banyak! Kalau teknologi kamera sekarang semua orang pasti sudah tahu, sedangkan untuk hp kamera awal 2000an masih banyak yang tak merasakan sendiri terutama generasi Z. Biar tak penasaran ini dia ciri cirinya: Bila dibandingkan lensa kamera HP sekarang yang berukuran kecil kecil, lensa HP kamera pada awal 2000an cenderung sangat besar besar. Padahal dulu ukuran kamera ini bisa dibilang sangat kecil jika dibandingkan dengan lensa kamera fotografi seperti DSLR dan kamera pocket.

Jika sekarang rata rata kamera menggunakan resolusi megapixel, dulu HP dengan kamera rata rata masih menggunakan kamera beresolusi Video Graphics Array (VGA). Soal kualitas? Jika standar pada masanya tentu kualitasnya adalah yang terbaik. Tapi kalau mengikuti standar foto sekarang, jangan ditanya, tentu sangat pas pasan, sebab rata rata HP dengan kamera VGA hanya beresolusi 0,3 MP. Hasilnya pun selain disimpan di galeri HP, terkadang juga dicetak menjadi foto seukuran photobox, yang biasanya disimpan di dalam dompet sebagai pengingat dan kenang kenangan.

Jika sekarang jumlah lensa kamera dalam satu HP bisa mencapai 3 buah, 5 buah, bahkan ada 9 buah, HP kamera dulu hanya punya satu lensa kamera saja, dan itu terletak dibelakang. Bermodalkan satu kamera jangan harap deh kamera dulu punya lensa Wide Angle, lensa Zoom, lensa Bokeh atau lensa Makro. Walaupun begitu pada masanya, HP kamera ini tetap membuat senang orang orang karena bisa berfoto di mana saja dan kapan saja, serta tak perlu lagi membawa kamera pocket atau DSLR yang cukup berat. Pemandangan disekitar terlihat indah? Hal pertama yang terlintas dipikiran tentu harus berfoto selfie! Tinggal ambil kamera, berpose dan klik maka hasil foto sudah kelihatan.

Nah kalau dulu lain cerita. Karena hanya punya satu lensa kamera alias belum ada kamera depan, makanya perlu sedikit bersabar untuk bisa berfoto selfie. Hal pertama yang dilakukan, minta tolong kepada orang lain untuk memotret, dan kedua, serta sangat terpaksa harus menggunakan kamera belakang layaknya kamera depan alias dibalik, dengan hasil yang terkadang tak memuaskan tentunya. Semenjak HP kamera awal 2000an di atas, dari tahun ke tahun teknologi kamera pada HP berkembang sangat pesat dan penuh inovasi, terutama beberapa tahun belakang ini.

Saking pesatnya, pada awal tahun 2020 ini saja telah muncul HP dengan kamera beresolusi 108MP! Tentu perbedaan yang sangat jauh bila dibandingkan kamera dulu yang hanya beresolusi 0,3 MP saja. Ultra Clear 108MP Image yang hadir pada OPPO Reno3 ini punya resolusi sangat besar sehingga mampu menghasilkan foto secara detail, baik itu wajah, pemadangan bahkan tulisan terkecil sekalipun. Belum lagi kemampuannya menghasilkan warna yang tersaturasi dengan baik. Bahkan mampu menciptakan sejarah baru dalam mobile photography lewat hasil fotonya yang terpasang pada Gedung Veteran RI. Dengan hasil foto yang terlihat jelas dan mendetail, ini tentu menjadi fakta mengejutkan karena diciptakan lewat kamera HP saja.

Jika dilihat dari spesifikasi , fakta tersebut tidaklah mengejutkan. HP OPPO terbaru ini punya banyak teknologi dan fitur kamera terkini seperti 44MP Front Camera + Ultra Night Selfie yang dengan bantuan algoritma AI, HDR, dan teknologi pengurangan noise membuat selfie di malam hari atau di kondisi minim cahaya terlihat lebih detail, jernih, dan indah karena mampu menampilkan wajah objek foto yang terlihat natural, bercahaya, dan indah. Belum lagi teknologi 5x Hybrid Zoom yang memanfaatkan tiga kamera dari empat kamera yang dimiliki yakni kamera Telephoto, kamera Utama dan kamera Ultra Wide Angle (satu lagi adalah kamera Super Macro) membuat HP terbaru ini bisa menampilkan secara jelas dan mendetail objek yang sangat jauh jadi terlihat dekat. Nah, untuk Lensa Super Macro juga tak boleh diremehkan. Dengan pemotretan berjarak fokus minimal 3cm, foto yang dihasilkan mampu memperlihatkan objek berukuran kecil secara mendetail dan terlihat tajam layaknya objek berukuran normal.

Soal foto malam OPPO Reno3 juga tak boleh diremehkan. Itu semua berkat 48MP Ultra Dark Mode yakni mode yang otomatis hidup ketika berfoto pada ruangan di bawah 5lux dan bekerja paling baik saat kecerahan cahaya 0,3lux – 1lux. Lux sendiri adalah satuan ukuran standar untuk penerangan (kecerahan) dari suatu permukaan pada titik tertentu. 1 lux bisa diibaratkan 1 buah lilin sehingga bisa dikatakan Ultra Dark Mode ini paling baik bekerja di ruangan yang hampir gelap gulita. Hasil foto malam OPPO Reno3 juga bisa dibilang sangat memuaskan. Contohnya bisa dilihat pada foto di bawah ini.

Bagi mereka penyuka foto pemandangan pada HP ini juga hadir fitur Ultra Wide Angle yang memungkinkan pengambilan foto dengan sudut 119.9 derajat yang membuat foto terlihat lebih luas. Sedangkan bagi mereka yang suka membuat video pada Instagram, TikTok, Vmate, Likee hadir OSIE (OPPO Screen Image Engine) yang mampu mengoptimalkan hasil perekaman video berdurasi pendek. Punya segudang keunggulan, tentu spesifikasi terutama dalam hal kamera bisa dibilang di atas rata rata HP sekelasnya dan jadi pilihan terbaik bagi mereka penyuka fotografi terutama mobile photography, bahkan membuat perangkat ini ludes dipesan secara pre order pada tahan pertama.

Jika tertarik, bisa dipesan di ecommerce seperti Akulaku, Shopee, Lazada, Tokopedia, JD.ID, dan Blibli.com. Dengan segala kelebihan dalam hal kamera, HP terbaru ini hanya dibanderol seharga Rp 5.499.000. Yuk rasakan sensasi memotret di malam hari secara maksimal dan menjajal kamera beresolusi 108MP lewat HP OPPO terbaru, .

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close