Nasional

Zulkifli Hasan Ungkap Amien Rais Tidak Lagi Jabat Ketua Dewan Kehormatan PAN

Ketua umum terpilih DPP PAN Zulkifli Hasan mengaku telah selesai menyusun struktur kepengurusan PAN periode 2020 2025. Pria yang akrab disapa Zulhas ini membocorkan susunan kepengurusan yang rencananya akan dilantik pada 25 Maret mendatang. Ia menyebut Soetrisno Bachir akan menggatikan posisi Amien Rais sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN.

Sementara itu, Eddy Soeparno tetap menjadi Sekjen PAN dan Yandri Susanto dipilih sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu). "Kalau Ketua Dewan Kehormatan ini nanti Mas Tris (Soetrisno Bachir), Sekjen Pak Edy Soeparno," ungkapnya ditemui di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020). Meski tak lagi masuk dalam struktur kepengurusan, Zulhas menegaskan Amien Rais mendapat posisi spesial di PAN.

Sebab Amien Rais merupakan tokoh pendiri partai berlambang matahari putih itu. Namun, dia enggan menjelaskan posisi spesial yang disebutkan. Zulhas hanya memastikan pada periode ini, jabatan sebagai ketua dewan kehormatan partai tidak lagi diberikan kepada Amien Rais.

"Pak Amien selalu spesial di PAN ya," ujarnya. Lebih lanjut, Zulhas mastikan tak ada lagi kubu di dalam internal partai. Ia mengakui telah bertemu dengan Mulfachri Harahap, mantan rivalnya dalam memperebutkan posisi ketua umum.

"InsyaAllah aman, sudah ketemu (Mulfachri). Tidak ada (kubu kubuan)," ucapnya. Sebelumnya, pendiri PAN Amien Rais mengaku banyak kejanggalan yang terjadi selama Kongres V pemilihan ketua umum PAN. Amien menyampaikan hal itu dalam video berdurasi 7 menit 40 detik, yang diunggahnya di akun Instagram pribadinya.

Ia menyebut kongres tersebut menyuguhkan demokrasi jadi jadian dan seperti kongres teroris. Bahkan, Amien menyebutnya kongres partai yang terburuk dalam sejarahnya berpolitik dan meminta pemerintah yakni Kemenkumham tidak mengesahkan hasil Kongres PAN di Kendari. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo meyakini hubungan Amien Rais dan Zulkifli Hasan (Zulhas) akan kembali harmonis.

Kata Drajad, kedua orang tersebut masih satu keluarga besar dan punya cucu bersama. Selain itu, Amien dan Zulhas dibutuhkan dalam memperbaiki partai berlambang matahari putih itu. "Banyak sekali peristiwa dan kegiatan yang mengokohkan kebersamaan yang harmonis antara beliau berdua," kata Drajad kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Dradjad juga mengaku berusaha untuk menyatukan kader dan pengurus PAN yang terlibat dalam konflik internal. Khususnya usai Kongres V di Kendari, Sulawesi Tenggara. "Saya pribadi akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu memulihkan suasana kekeluargaan di dalam PAN," ujarnya.

"Saya yakin Pak Amien dan Bang Zul nanti akan bisa kembali akrab seperti dulu," imbuhnya. Dradjad juga meminta maaf atas kericuhan yang terjadi pada Kongres V PAN. Menurutnya, peristiwa tersebut mencoreng citra PAN.

"Khususnya pemilih PAN, dengan kejadian di atas. Semoga hal ini tidak akan pernah terulang lagi," ucapnya.

Tags

Widya Aprilyanie

Seseorang yang pemarah tidak selalu bijaksana. Sekali dalam hidup orang mesti menentukan sikap. Kalau tidak, dia takkan menjadi apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close